PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS PADA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANDA ACEH

AWALUDDIN MAKRIFATULLAH, TEUKU SAMSUL BAHRI

Abstract


Penyakit infeksi HIV/AIDS merupakan masalah kesehatan terbesar di dunia dewasa ini, terdapat di seluruh dunia tanpa kecuali Indonesia. Kurangnya pengetahuan tentang HIV/AIDS pada remaja mempengaruhi resiko meningkatnya kerentanan remaja tertular HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS pada siswa MAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan responden 159 orang menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 18 pernyataan dalam bentuk dichotomous. Hasil penelitian ini menunjukkan mengenai tingkat pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS pada siswa MAN 2 Banda Aceh berada pada pengetahuansedang yaitu 85 responden (53,5%). Subvariabel Pengertian HIV/AIDS berada pada pengetahuan tinggi berjumlah 74 responden (46,5%),Penyebab HIV/AIDS berada pada pengetahuan tinggi 95 responden (59,7%), tanda dan gejala HIV/AIDSberada pada pengetahuan rendah berjumlah 84 responden (52,8%), dan cara penularan HIV/AIDS berada pada pengetahuan sedang berjumlah 77 responden (48,4). Diharapkan kepada pihak sekolah bekerjasama dengan puskesmas dalam memberikan penyuluhan dan informasi tentang infeksi HIV/AIDS sejak usia remaja agar penularannya dapat dihindari.


References


Anita. 2000. Penyebaran dan Usaha Pencegahan AIDS. Dalam: Nasution, R.H., Anwar, C., Nasution, D.P., ed. AIDS Kita Bisa Kena Kita Bisa Cegah. Medan: MONORA.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Budiarto Eko, 2001. Biostatistik untuk kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. EGC, Jakarta

Depkes RI,2008. HIV/AIDS Ancaman Serius Bagi Indonesia. Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jendral Departemen Kesehatan. Diperoleh dari: http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewarticle&sid=3243&Itemid2 (Diakses 05 Maret 2016)

_________, 2014. Situasi dan analisis HIV AIDS. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/Infodatin%20AIDS.pdf. (Diakses 13 maret 2016)

Effendi, (2008). Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Ed.4. Jakarta: FKUI

Hanwari, D. 2009. Global effect HIV /AIDS Dimensi Psikoreligi. Jakarta : FKUI.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Nasronudin, 2007. HIV & AIDS Pendekatan Biologis Molekuler, Klinis dan Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Yuliantini, (2012). 100 Pertanyaan Seputar HIV/AIDS yang Perlu Anda Ketahui. USU Press. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.