PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PRAKTIK KEPERAWATAN DI BALAI PENGOBATAN YAYASAN RAHMA COY DESA CEURIH KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH

RIKA MANDAYANI, Teuku Samsul Alam

Abstract


Profesionalisme tenaga keperawatan menjadi sorotan di masyarakat, karena berpengaruh erat pada kualitas pelayanan untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan. Hal tersebut merupakan tantangan bagi profesi keperawatan dalam mewujudkan asuhan keperawatan yang professional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang praktik keperawatan di Balai Pengobatan Desa Ceurih Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, desain penelitian yang digunakan dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 280 orang, pengambilan sampel menggunakan metode accidental samplingsehingga jumlah sampel menjadi 96 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari 25 item pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi frekuensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang praktik keperawatan di Balai Pengobatan Yayasan Rahma Coy Desa CeurihKecamatan Ulee Kareng Banda Aceh berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 70,8% dengan sub variabel persepsi pengkajian berada pada kategori baik sebesar 67,6%, persepsi diagnosa berada pada kategori baik sebesar 74,0%, persepsi perencanaan berada pada kategori kurang sebesar 52,1%, persepsi implementasi berada pada kategori baik sebesar 72,9, dan persepsi evaluasi berada pada kategori baik sebesar 67,7%.

Full Text:

PDF

References


Ali, Z. (2002), Dasar-dasar Keperawatan Profesional, Jakarta: Widya Medika

Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta; EGC

Badan Pusat Statistik (2014). Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa sehari-hari penduduk Indonesia: hasil sensus penduduk 2014 http://sp2014.bps.go.id/files/ebook/kewarganegaraan%penduduk%20 indonesia/index.html (di akses 9Februari 2016)

Bungin, B. (2006). Metodolog iPenelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi dan Kebijaksanaan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta Kencana.

College of Registered Nurses of Nova Scotla. (2012), Public Perception Survey Registered Nurses and Nurse Practitioner in Nova Scotia. MQO Research Recherche

Dermawan, D. (2013). Pengantar Keperawatan Profesional.Yogyakarta: Gosyen Publishing

Depkes.(2004). Rancangan Pedoman Kegiatan Perawat Kesehatan Masyarakat di Puskesmas.Jakarta :Depkes RI.

Effendy,N. (2000), Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Jakarta: Penerbit; EGC

Fauziah, Syifa (2012). Gambaran Persepsi Masyarakat Tentang Peran Perawat Puskesmas di Kelurahan Bintara Kota BekasiTahun 2012, Depok: Skripsi FIK-UI

Kotler, Philip. (2003). Marketing Manajemen : Analysis, Planning, implementation, and Control 9th Edition,Diakses 2 Februari 2016, darihttp://www.masbow.com/2009/08/apa-itu-persepsi,html, pukul 19:30 WIB.

Kusnanto. (2004). Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta; EGC

Lovelock, C. H. & Wright, L. K. (2005). Manajemen pemasaran jasa (Agus Widyantoro dan tim, Penerjemah). Jakarta: PT. Indeks

Niven, N. (2000). Psikologis Kesehatan Pengantar Untuk Perawat Profesional. Jakarta : EGC.

Nursalam. (2001). Metode Penelitian Keperawatan. Jakarta; EGC

Nursalam.(2008). Manajemen keperawatan.Jakarta : EGC.(2007).

Manajemen Keperawatan Edisi 2Jakarta :SalembaMedika

Notoatmojo. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan, Jakarta; Rineka Cipta

Novrita, M. (2004).Peranan Persepsi Pasien Mengenai Empati Perawatdan Aspek Spiritualitas terhadap Motivasi Sembuh Pasien Rawat Inap.Skripsi, Depok :Universitas Gunadawma

Pasuraman, A., Zeithmal, V. A., & Berry, L. L. (1988) SERVQUAL: A Multiple item scale for measuring customer perception of service quality. Journal of Retailing; Vol. 64: 12-35

Patricia, Ramona K. (2005). PengantarRiset, PendekatanIlmiahUntukProfesiKesehatan. Jakarta : EGC.

Priharjo Robert. (2000). Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta; EGC

Potter & Patricia. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan, edisi 4. Jakarta; EGC

Praptianingsih, Sri. (2007). Kedudukan Hukum Perawat dalam Upaya pelayanan Kesehatan.Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.