DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN NARAPIDANA DI RUMAH TAHANANNEGARA BANDA ACEH

Muty Regina, Martina Martina

Abstract


Menjadi narapidana akan mengakibatkan stresor bagi kehidupan yang berat kepada pelakunya sehingga mengakibatkan seseorang mengalami kecemasan. Dukungan keluarga berpengaruh penting terhadap narapidana yang sedang mengalami masalah saat menjalani hukuman di dalam rumah tahanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada narapidana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Populasinya adalah seluruh Narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah purposive sampling dengan rumus Slovin , sebanyak 70 responden. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22-24 Juli 2016. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan metode wawancara terpimpin. Hasil penelitian didapatkan dari 70 responden, sebanyak 60,0% mendapatkan dukungan keluarga baik. Sedangkan untuk tingkat kecemasan didapatkan 58,6% mengalami kecemasan sedang. Hasil uji chi-square diperoleh p-value = 0,012 < (α=0,05) yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan narapidana. Diharapkan kepada pegawai Rumah Tahanan dan sipir untuk mengingatkan pihak keluarga narapidana akan pentingnya dukungan keluarga kepada narapidana untuk mengurangi kecemasan selama masa tahanan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik.Jakarta: RINEKA CIPTA

Adha, H. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Muaro Padang Tahun 2014. Diakses pada tanggal 23 Juli 2016.

Chazawi, A. (2010). Pelajaran Hukum Pidana Bagian 5. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Friedman, M.,M. (1998). Keperawatan Keluarga: Riset, Teori dan Praktik, Edisi 3. Jakarta: EGC

Friedman, M.,M. (2008). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik. Jakarta:

EGC.

Harnilawati. (2013). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Sulawesi Selatan: Pustaka As Salam.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: RINEKA CIPTA

Potter & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: konsep, proses & praktik. Jakarta: EGC

Rozi, F. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Narapidana Napza Di Rutan Kelas IIB Kajhu Aceh Besar. Diakses pada tanggal 9 Juli 2016.

Septiani, N. (2013). Hubungan Antara Problem Solving Appraisal dengan Penyesuain Diri Napi Anak. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 1 April 2016

Spielberger, C. D. (1983). Manual For The State-Trait Anxiety Inventory (From Y): Self Evaluation Questionnaire. Palo Alto: Consulting Psychologists Press, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.