HUBUNGAN PELAYANAN SPIRITUAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUMAH SAKIT MEURAXA KOTA BANDA ACEH

yesika nurdina, ardia putra

Abstract


Keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan meliputi bio-psiko-sosio-spiritual. Asuhan keperawatan tidak dapat dipisahkan dari aspek spiritual yang merupakan kebutuhan dasar manusia, jika tidak terpenuhi pasien akan mengalami distres spiritual. Pemenuhan kebutuhan spiritual secara baik akan meningkatkan kepuasan pada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif.Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap dalam tiga bulan terakhirterdapat3.547 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah respondensebanyak97 orang.Alat pengumpul data berupa kuesioner, yang terdiri dari 16 item pernyataan pelayanan spiritual dalam bentuk likert dan 14 item pernyataan kepuasan pasien.Metode analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat dengan kepuasan pasien (p-value=0,000) dan ada hubungan pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat ditinjau dari menetapkan kehadiran (p-value=0,001), berdoa (p-value=0,026), dukungan ibadah (p-value=0,001), dan sistem dukungan (p-value=0,006) dengan kepuasan pasien. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelayanan spiritual telah mulai diterapkan sehingga mempengaruhi kepuasan pasien.Diharapkan perawat dapat menfasilitasi pelayanan berdoa dan membantu/membimbing ibadah dengan baik.

Kata Kunci:Pelayanan Spiritual,Perawat, Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF

References


Baduweilan, A. (2007) Sholat Itu Obat (Mengungkap Rahasia Pengobatan Dan Kesehatan Dalam Ibadah Sholat).Buku online di Akses tanggal 2 Agustus 2016 di http://books.google.co.id/books?isbn=9791234183

Centikaya, B., Azak, A., & Dundar, S.A., (2011).Persepsi perawat ‘spiritualitas’ dan perawatan spiritual.Australian Jurnal Advenced Keperawatan, Volume 31 Nomor 1. Retrieved from http;//www.ajan.com.au/vol31 /issue1/1Azak.pdf. Terjemahan.

Hamid, A.Y. (2008). Bunga Rampai; Asuhan Keperawatan Jiwa.Jakarta: EGC

Harnilawati (2013).Konsep dan proses keperawatan keluarga. Sulawesi selatan: Pustaka as-salam

Hidayat, A. A. A. (2009). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia (Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ilhamsyah, Elly, S.J., & Veni, H. (2013).Hubungan Pelaksanaan Keperawatan Spiritual Dengan Kepuasan Spiritual Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar.Jurnal.Di akses pada http://pasca.unhas.ac.id/jurnal.

Jauhari, J. (2014). Pengaruh Terapi Psikoreligius: Doa Dan Dzikir Terhadap Penurunan Tingkat Depresi Pada Penderita Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodalisa Di Ruang Hemodalisa Rumah Sakit Kota Semarang. Skripsi.PSIK STIKES Ngudi Waluyo Ungaran. Semarang.

Justam (2011).Hubungan dukungan perawat dengan kecemasan pasien pra operasi di rumah sakit tingkat III bhakti wira tamtama Semarang. Universitas Muhammadiyah.

Madadeta, G. & Widyaninggsih, S. (2015). Gambaran Dukungan Spiritual Perawat Dan Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Spriritual Pada Pasien Kanker Kanker Serviks di RSUD Dr. Moewardi. Jurnal Keperawatan Halaman 1-8. Universitas Ponegoro. Diaskes tanggal 2 Agustus 2016 di http//ejournal-s1-undip.ac.id/

Meyda,P.B.U. & Niswah,Z. (2011). Pengaruh Bimbingan Spiritual Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre-Operatif Diruang Rawat Inap Rsud Kajen Kabupaten Pekalogan.Skripsi.Tidak dipublikasikan.

Noor, S. (2008).Dasyatnya Doa Ibu. Jakarta Selatan; Pustaka Al-mawardi

Nursalam.(2013). Management Keperawatan (Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional). Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P. A. & Perry A. G. (2005).Buku Ajar Fundamental Keperawatan Ed.4 Vol.1.Jakarta: EGC.

Prihantoro, R. (2012). Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: PT. Remaja Rosdadarya.

Saputra,H. & Kurniawati,T. (2014). Hubungan penerapan Asuhan keperawatan dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pasien di ruang rawat inap kelas III RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.PSIK aisyiyah.Yogyakarta.

Silfia, S. (2015).Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Banda Aceh.Skripsi.Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dari http://etd.unsyiah.ac.id.

Stevano, A.M, Franckie, R.R.M, & Sulaemana, E., (2013). Hubungan antara status demografi dengan kepuasan dalam pelayanan pasien jamkesmas di wilayah kerja puskesmas ratahan kabupaten minahasa tenggara.Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Diakses pada http://fkm.unsrat.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.