PELAYANAN KEPERAWATAN ISLAMI DI SUATU RUMAH SAKIT BANDA ACEH

endang sakinah, noraliyatun jannah

Abstract


Tuntutan pelayanan komprehensif pada pasien mengharuskan perawat memberikan pelayanan keperawatan secara menyeluruh termasuk pada kebutuhan pelayanan islami. Pelayanan keperawatan islami terdiri dari berdoa sebelum bekerja, prosedur pendampingan shalat bagi pasien, prosedur memakaikan pakaian pasien, prosedur orientasi pasien baru, prosedur operan, prosedur hijab perawatan pasien, prosedur persiapan pulang, dan prosedur mendapatkan kunjungan rohaniawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelayanan Islami di suatu Rumah Sakit Banda Aceh (RSBA). Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 sampai dengan 23 Juli 2016. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah sampel 24 responden. Teknik penelitian dilakukan dengan mengobservasi pelayanan keperawatan islami berupa daftar pernyataan berbentuk checklist yang mengacu pada Standar Prosedur Pelaksanaan (SOP) pelayanan Islami di RSBA yang terdiri dari 53 item observasi. Metode analisis data menggunakan uji statistik univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pelaksanaan keperawatan islami di RSBA berada pada kategori kurang baik, dimana SOP tidak dilakukan dengan sempurna. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan rumah sakit dapat mengintensifkan suatu model ruang rawat inap islami sebagai percontohan pelaksanaan pelayanan islami sesuai dengan SOP.


Full Text:

PDF

References


Asmirajanti, Mira. (2016). Gambaran pelaksanaan tindakan keperawatan menerima pasien baru, orientasi pasien baru, pemenuhan nutrisi melalui ngt dan memberikan obat melalui nebulizer di Ruang Lukmanul Hakim Rumah Sakit Al Ihsan Bandung. Jakarta Barat: Fikes Universitas Esa Unggul.

Badiā€™ah, A., Mendri, N.K., Ratna, W., & Hendarsih, S. (2009). Hubungan Motivasi Perawat dengan Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Panembahan Senopati Bantul Tahun 2008, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, vol. 12 No. 02 Juni.

Hamid, A. Y. S. (2008). Bunga rampai asuhan keperawatan kesehatan Jiwa. Jakarta:EGC.

Herisman. (2006). Hubungan Persepsi dan Motivasi Kerja Pegawai Administrasi dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pada Pengadilan Negeri Bengkulu.

Kemp, Charles. (2009). Terminal illness: a guide to nursing care (terj.), nike budhi subekti, klien sakit terminal: seri asuhan keperawatan. Jakarta: EGC.

Lamsudin, Rusdi. (2012). Nilai-nilai islam dalam pelayanan kesehatan. Yogyakarta: Gema Muhammadiyah.

Mayasari, F., & Elmiyasna, K. (2011). Gambaran keefektifan timbang terima (operan) di ruang kelas i irna non bedah (penyakit dalam) Rsup Dr. M. Djamil Padang. Padang:Stikes Mercusaktijaya.

Natasia, N., Andarini, Sri., & Koeswo M. (2014). Hubungan antara faktor motivasi dan supervisi dengan kinerja perawat dalam pendokumentasian discharge planning di RSUD Gambiran Kota Kediri. Malang: Universitas Brawijaya.

Nursalam. (2009). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional, Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Fundamental of nursing: Fundamental keperawatan. Jakarta: EGC.

Pribadi, Ulung. (2012). Nilai nilai agama dan pelayanan public.Tesis Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah.

Priharjo, Robert. (2008). Konsep dan perspektif praktik keperawatan profesional. Jakarta: EGC.

Rohmani, T. (2011). Hubungan antara pelayanan keperawatan bernuansa islami dengan kepuasan pasien rawat inap di rs pku muhammadiyah Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukowati, Bambang. (2014). Penerapan nilai nilai akhlak islami pada kegiatan pelayanan kesehatan oleh tenaga medis terhadap pasien rawat jalan dan pasien rawat inap di RST dr Asmir Salatiga. Salatiga: STAIN Salatiga.

Saputra, A. N. (2015). Peran bimbingan rohani islam dalam menangani kecemasan pasien cacat fisik korban kecelakaan (studi kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran, Kabupaten Semarang). Semarang: Universitas Islam Wali Songo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.