LAMANYA PERSALINAN KALA I DAN II PADA IBU BERSALIN MULTIGRAVIDA DI RUMAH SAKIT PEMERINTAH BANDA ACEH

lia nurlianti, halimatussakdiah halimatussakdiah

Abstract


Kala I yang baik sangat sering kali ditemukan hambatan atau kendala. Kendala tersebut antara lain kontraksi yang irreguler, durasi yang tidak adekuat dan frekuensi kontraksi yang tidak sesuai harapan, sehingga bayi mengalami asfiksia. Hal ini akan membuat perpanjangan waktu kala I dan II. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Lamanya Persalinan Kala I Dan II Ibu bersalin multigravida Di Rumah Sakit Pemerintah Banda Aceh.Jenis penelitian Analitik korelatif, dengan desain cross sectional study.Jumlah populasi 251 orang ibu bersalin dari bulan Januari- Februari 2016.Tehnik pengambilan  sampel yaitu metode Consecutive Sampling dan didapatkan 35 ibu bersalin. Tehnik pengumpulan data menggunakan yaitu lembar observasi. Penelitian dilakukan pada tanggal 05 - 20 Agustus 2016  selama 16 hari di Rumah Sakit Pemerintah Banda Aceh. Metode analisis data menggunakan uji statistik Regresi Korelasi dianalisis menggunakan perangkat komputer. Hasil analisa bivariat menunjukan ada hubungan antara lama kala I dengan Apgar Score menit 1 (p-value 0,010), apgar score menit 5 (p-value 0,010), kala II dengan Apgar Score menit 1 (p-value 0,000), apgar score menit 5 (p-value 0,000). Diharapkan lama persalinan pada kala I dan II tidak terjadi dan asfiksia pada bayi baru lahir menurun.

Full Text:

PDF

References


Cunningham G, F. 2006.Obstetri williams. Jakarta: EGC

Depkes RI. (2015). Profil data kesehatan indonesia. Jakarta: Depkes Republik Indonesia

Dinkes Kota Banda Aceh. (2014). Profil kesehatan kota banda aceh tahun 2014: Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.

Oxorn, Harry. 2010. Patologi dan fisiologi persalinan. Jakarta: Yayasan EssentiaMedica.

Prawirohardjo, S. 2005. Ilmu Kebidanan Edisi Ketiga. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Reeder, S.J. (2014).Keperawatan maternitas: kesehatan wanita, bayi, & keluarga. Edisi 18.Volume 1. Jakatra: EGC

Widdefrita., Mariati, U (2013). Pengaruh pendamping persalinan terhadap apgar score bayi menit pertamadi BPS Padang

Wong, D. L., Eaton, M. H., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Scnwartz, P (2009). Buku ajar keperawatan pediatrik.Edisi 6.Volume 1. Jakarta: EGC

Yani, P, D., Wulandari, T, D (2012). Pengaruh support suami pada lama persalinan kala II primipara di RS Panti Wilasa Citarum Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.