EFEKTIVITAS PENYULUHAN KESEHATAN PENGETAHUAN TANDA BAHAYA KEHAMILAN PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS DARUSSALAM

Ami Maisura, Darmawati Darmawati

Abstract


Kehamilan merupakan proses yang normal dan alamiah pada seorang wanita dimana dalam masa kehamilan terjadi perubahan fisik, psikologis dan sosial.Pengetahuan tentang tanda bahaya kehamilan merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh masyarakat, khususnya ibu hamil karena apabila tanda-tanda bahaya tersebut diketahui sejak dini, maka penanganan akan lebih cepat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Desain penelitian ini adalah rancanganone group pre-test post-test. Populasi berjumlah 84 ibu hamil trimester IIdan trimester II dengan sampel 54 responden yang ditetapkan dengan metode quota sampling. Waktu pengumpulan data 20-25 Juni 2016, dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan uji statistik menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan tentang tanda bahaya kehamilan  (p=0,000; a=0,05). Nilai mean perbedaan antara pre-test dan post-test 1,296 dengan standar deviasi 0,768. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa ada perbedaan yang signifikan pengetahuan ibu hamil sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan tentang tanda bahaya kehamilan pada ibu hamil di Puskesmas Darussalam. Saran diharapkan kepada pihak puskesmas dapat lebih memfasilitasi informasi tentang tanda bahaya kehamilan kepada ibu hamil pada saat kunjungan antenatalcare, guna untuk menambah pengetahuan ibu hamil.


Full Text:

PDF

References


Dinkes Aceh. (2012). Profil kesehatan Aceh tahun 2012. Banda Aceh.

Hasugian, P.T., (2012). Pengetahuan sikap dan perilaku ibu hamil terhadap kehamilan resiko tinggi di rsuhp h. Adam malik Medan. Tesis. Medan: departemen obstetri dan genikologi fakultas kedokteran Universitas Sumatera Utara. Dari http//www.respository.usu.ac.id/bitsteam. Diakses 20 November 2015.

Kusmiyanti, Y., Wahyuningsih, Y.P., & Sujiatini. (2009). Perawatan ibu hamil. Yogyakarta: Fitramaya

Nambala, B.S., & Ngoma, C., (2013). Knowladge and perception of women towards danger signs in pregnancy in choma rural district, Zambia. Lusaka: Medical of Zambia.

Profil Kesehatan Indonesia. (2013). Kementrian Keshatan RI. Available from: http://www.depkes.go.id/profilkesehatan-indonesia/profil kesehatan-indonesia 2013.pdf. diakses 20 November 2015.

Roshdal, B.C., & Mary T.K., (2014). Buku ajar keperawatan dasar. Edisi 10. Vol 3. Jakarta: EGC..

Stoppart, M. (2009). Buku panduan lengkap kehamilan dan persalinan modern. Yogyakarta: Media Abadi.

Wahyuningsih, P.H., (2009). Dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat. Jakarta: Salemba Medika.

Winkjosastro, H. (2010). Ilmu kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Yohanasari. (2011). Kenali 7 tanda bahaya kehamilan. Tersedia dari http://kompashealt.com diunduh tanggal 20 novembder 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.