PENGETAHUAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

Bisnawati Bisnawati, Maulina Maulina

Abstract


Sampah merupakan sisa barang yang harus dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berasal dari tempat pemukiman, perdagangan, perkotaan, pasar, rumah sakit, sampah jalanan, industri-industri rumah tangga, tempat-tempat rekreasi dan bengkel-bengkel dapat menimbulkan berbagai persoalan dan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit gatal-gatal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengetahuan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Gampong Jawa Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian merupakan kepala rumah tangga bapak/ibu yang berdomisili Di Gampong Jawa Banda Aceh yang berjumlah 916 kepala keluarga. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling dengan jumlah sampel yang terdiri dari 99 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisa data dengan menggunakan analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan masyarakat berpengetahuan baik (62,6%) dan masyarakat yang berpengatuhan yang kurang baik (37,4%). Disarankan kepada perawat komunitas dapat memberikan informasi kepada masayarakat, khususnya keluarga akan pentingnya menjaga lingkungan dengan pengelolaan sampah yang baik sehingga akan mengurangi pecemaran lingkungan.

                           


Full Text:

PDF

References


Cahaya, P. C. (2012). Indrapuri Kabupaten Aceh Besar Tinjauan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pembuangan Sampah Domestik di Desa Lam Ilie Mesjid Kecamatan. Mahasiswi S-1 Kesehatan Masyarakat STIKES Ubudiah Banda Aceh.

Notoadmojo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Purnamasari, A. 2012. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Akses Tentang Pengelolaan Sampah Dengan Perilaku Pembuangan Sampah pada Ibu Rumah Tangga Sekitar sungai cibogo, desa jipang, kecamatan bentarkawung, kabupaten brebes pada tahun 2011. Skripsi. Fakultas ilmu Kesehatan Masyarakat Universal Negeri Semarang. Semarang.

Purwana, R (2013). Manajemen Kedaruratan Kejadian Bencana, Jakarta : Rajawali Kesehatan Lingkungan dalam

Setyowati, R. (2013). Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Siregar, Ir. Syofian. M.M. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakart: PT bumi Askara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.