PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANANAK PRASEKOLAH SESUAI KARAKTERISTIK KELUARGA DI PAUD BANDA ACEH

salvina salvina, Teuku Samsul Alam

Abstract


Setiap anak harus mendapatkan stimulasi yang optimal dan berkelanjutan agar perkembangan anak sesuai usianya agar tidak terjadi penyimpangan pertumbuhan dan dan perkembangan. Diperlukan waktu yang cukup menstimulasi dan berinteraksi dengan anak. Ibu yang bekerja memerlukan alokasi waktu khusus bersama anak. Status orangtua bekerja memiliki dampak terhadap waktu yang dimiliki orangtua bersama anak sehingga waktu untuk menstimulasi perkembangan anak akan berkurang. Terutama pada anak usia prasekolah yang merupakan masa golden age,dimana perkembangan pada masa ini akan menentukan bagaimana kehidupan anak pada masa berikutnya. Tujuan penulis ingin mengetahui gambaran pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah sesuai karakteristik keluarga di Paud It Al-Azhar Lamgugop Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriktif. Populasi yaitu anak usia 3 tahun di Paud It AL-Azhar Lamgugop Banda Aceh dengan anak dengan total sampel 48 anakĀ  tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi Dengan jumlah persentase pada katagori sesuai yaitu 14,6% pada katagori meragukan yaitu 52,1% dan untuk katagori penyimpangan yaitu 33,3% jenis penelitian ini adalah deskriktif. Saran bagi orangtua anak di Paud IT AL-Azhar Lamgugop Banda Aceh agar lebih meluangkan waktu untuk menstimulasi anak dan memperhatikan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.


Full Text:

PDF

References


Bastable, S.B. (2002). Perawat sebagai pendidik: prinsip-prinsip pengajaran dan pembelajaran. Jakarta : EGC

Gunarsa , S.D. (2004).Psikologi Perkembanga Anak Dam Remaja. Jakarta:Gunung Mulia

Martini, w. (2010). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal psikologi. Vol. 39, no.1, Juni 2012: 112-120. Di unduh tanggal, 26 februari 2016.

Nasir Abdul. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa. Jakarta :Salemba Medika.

Paplia Olds Felman., (2009). Human Development. Edisi 10. Jakarta Salemba Humanika.

Potter, P, A, & Perry, A, G. (2005). Buku ajar pundamental keperawatan, Volume 1, Edisi 4, Jakarta Medika.

Soetjiningsih.(2015). Tumbuh kembang anak. Edisi 2 . Jakarta :EGC

Soetjiningsih. (1995). Tumbuh kembang anak. Edisi 2 . Jakarta :EGC

Sudiharto.(2012). Asuhan keperawatan keluarga dengan pendekatan keperawatan transkurtural,Jakarta :EGC.

Werdiningsih.(2012). Peran ibu dalam memenuhi kebutuhan dasar anak terhadap perkembangan anak usia pra sekolah. Jurnal, Stikes. Vol. 5. No. 1. Juni 2.012.

Wong, D. L, Hockenberry, M, Wilson, D, Winkelstein, M. L. & Schwartz, P. (2008). Buku ajar keperawatan pediatrik Wong, Ed , Vol, I. Jakarta:EGC..

Widyastuti. (2008), Panduan Perkembangan Anak .Jakarta:Puspa Swara

Wong, D. L, Hockenberry, M, Wilson, D, Winkelstein, M. L. & Schwartz, P. (2008). Buku ajar keperawatan pediatrik Wong, Ed , Vol, I. Jakarta:EGC..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.