REAKSI ANAK TERHADAP STRESSOR HOSPITALISASI DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH RSUDdr. ZAINOEL ABIDIN

mimi afriani, sri intan rahayuningsih

Abstract


Hospitalisasi merupakan suatu kondisi yang tidak menyenangkan bagi anak karena dapat memberikan efek kecemasan akibat perpisahan, kehilangan kendali, cedera tuhuh dan nyeri.  Kecemasan merupakan kejadian yang mudah terjadi atau menyebar, namun tidak mudah diatasi karena faktor penyebabnya yang tidak spesifik. Kecemasan pada anak akan memperlambat proses penyembuhan, menurunnya semangat untuk sembuh dan tidak kooperatif terhadap perawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan reaksi anak terhadap stressor hospitalisasi dengan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah di rumah sakit umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 69 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan wawancara terpimpin. Uji analisis menggunakan Chi-Square. Hasil analisa data secara umum diperoleh  adanya hubungan antara reaksi anak terhadap stressor hospitalisasi dengan tingkat kecemasan (p-value 0,000). Secara khusus ada hubungan perpisahan (P-value 0,010), kehilangan kendali (P-value 0,000), cedera tubuh dan nyeri (P-value 0,017) dengan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Saran untuk perawat agar dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam perawatan agar orang tua dapat selalu memberikan dukungan terhadap anak sehingga dapat memotivasi anak untuk proses penyembuhan.   


Full Text:

PDF

References


Anita, A. (2011). Pengaruh bibloterapi terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah yang menjalani hospitalisasi di rumah sakit Islam Jakarta. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Elsa, N. (2011). Hubungan dukungan perawat dengan tingkat kecemasan orang tua di ruang rawat anak RSAB Harapan Kita Jakarta. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Febriana, D. (2011). Kajian stres hospitalisasi terhadap pemenuhan pola tidur anak usia prasekolah di Ruang RS BAPTIS KEDIRI.Jurnal STIKES RS.Baptis Kediri.

Lumiu, E.S., Tuda, J., & Ponidjan T (2013). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di IRINA E BLU RSUP PROF DR.R.D KANDOU Manado.ejournal.unsrat.ac.id.

Novizayuna. (2014).

Hubungan peran orang tua dengan tingkat kecemasan anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi di ruang rawat Seurune I Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2014.Skripsi Fakultas keperawatan Unsyiah.

Rudolph, A.M., Hoffman, J.I.E., & Rudolph, C.D. (2006). Buku Ajar Pediatri rudolph. Jakarta: EGC.

Sari, F.S., Sulisno, M. (2012). Hubungan kecemasan ibu dengan kecemasan anak saat hospitalisasi anak. Semarang . Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro.

Stuart, G.W. (2006). Buku saku keperawatan jiwa. Jakarta: EGC.

Supartini, Y. (2004). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. Jakarta : EGC.

Videbeck, S.L. (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: EGC

Wong, D.L., Hockenberry. M., Wilson, D., Winkelstein, M,. & Schwartz, P. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol 1. Jakarta: EGC.

. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Vol 2. Jakarta: EGC.

. (2008). Pedoman klinis keperawatan pediatric. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.