BERAT BADAN LAHIR DENGAN ASFIKSIA NEONATORUM DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH

elvi junita, halimuddin halimuddin

Abstract


Berat badan merupakan salah satu indicator kesehatan bayi baru lahir. Berat badan lahir merupakan bagian dari faktor neonatus yang dapat menyebabkan asfiksia neonatorum. Bayi dengan berat badan lahir baik yang kurang, cukup atau lebih bulan dapat mengalami gangguan pada proses adaptasi pernafasan waktu lahir sehingga dapat mengalami asfiksia neonatorum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui antara berat badan lahir dengan asfiksia neonatorum pada Rumah Sakit di kota  Banda  Aceh. Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah populasi penelitian ini 101anak, pengambilan sampel menggunakan teknik Quota Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi menggunakan lembar cheklist, yang dilakukan pada tanggal 28 Juli sampai 03 Agustus 2016. Metode analisis data dengan menggunakan univariat dan bivariat ( uji chi-square). Berdasarkan analisis bivariat didapatkan hasil bahwa p-value = 0,940 > α=0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan berat badan lahir dengan asfiksia neonatorum pada  Rumah Sakit di Kota Banda Aceh. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya agar meneliti faktor yang mempengaruhi terjadinya asfiksia pada bayi baru lahir.


Full Text:

PDF

References


Dewi, (2013). Asuhan neonatus bayi dananak balita.Jakarta: Salemba Medika.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banda Aceh,(2014). Profil kesehatan Banda Aceh tahun 2014. Dinas Kesehatan Kabupaten Banda Aceh.

Edison, Chundrayeti dan Yerizel, (2013)Hubungan kategori berat badanlahir rendah dengan nilai apgar diRSUPDr.M.Djamil.http://jurnal.fk.unand.ac.id. Diakses 8 Januari 2016.

Ningrum&Johariyah, (2012).Bukuajarasuhankebidananpersalinandanbayibarulahir. Jakarta: Trans InfoMedia.

Proverawati dan Ismawati, (2010). BBLR(Berat Badan Lahir Rendah).Yogyakarta: Nuha Medica.

Rukiyah & Yulianti,(2013). Asuhan neonatus bayi dan anak balita. Jakarta: TransInfo Media.

Supriyanti, Retnani, (2014).Berat badanlahir rendah dengan kejadian asfiksia neonatorum di Rumkita DR.Ramelan Surabaya. Di akses 26Agustus 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.