PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG STIMULASI BAHASA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TODDLER DI ACEH

abqariah abqariah, imelda imelda

Abstract


Anak-anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemampuan untuk mengembangkan bicara dan ketrampilan bahasa. Mereka  tidak dapat berbicara dengan spontan. Lingkan harus membeikan cara bagi mereka untuk menguasai ketrampilan ini. Pengetahuan orang tua sangat perlu karena orang tua perlu memahami tahap-tahap perkembangan anak dan memberikan rangsangan yang tepat sesuai tahap perkembangan terutama pada anak toddler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif koleratif. Polulasinya adalah seluruh orang tua orang tua yang memiliki anak usia  toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah  total sampling, sebanyak 43 responden.  Alat pengumpulan data berupa kuesioner dan formulir DDST (Denver Developmental Screening Test). Hasil penelitian didapatkan 43 responden, sebanyak 58,1% pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa pada kategori baik dan sebanyak 74,4%  anak dengan perkembangan bahasa pada kategori normal. Hasil uji chi-square diperoleh p-value=0,031 (α=0,05) yang berarti ada hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler. Saran bagi orang tua yang memiliki anak usia toddler agar dapat memahami dan mengerti tentang cara menstimulasi perkembangan bahasa pada anak sesuai dengan tahap pekembangan anak agar dapat mencapai tumbuh kembang yangg optimal. 


Full Text:

PDF

References


Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Selemba Medika.

Dwi, Marianti. (2011). Buku Ajar Neonatus, Bayi Dan Balita. Jakarta: Selemba Medika

Fitriyani, A., Sodikin, & Yuliarti (2009). Karakteristik Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Pemberian Stimulasi Pada Anak Usia Toddler (1- 3 Tahun) Di Posyandu Desa Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/16/jhptump-a-anifitriya-755-1-artikel-r.pdf. Diakses pada tanggal 24 Maret 2016.

Meghan, D Nix. (2013) The Relationship between Parental Stress, Parentchild Interaction Quality, and Child Language Outcomes. http://scholarworks.gsu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1292&context=iph_theses, diakses pada tanggal 29 Juli 2016

Narendra M, Titi S, & Soetjiningsih. (2008). Buku Ajar I Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Jakarta: CV Sagung Seto.

Nirwana, Benih. (2011). Psikologi Ibu, Bayi dan Balita. Yogyakarta : Nuha Medika

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rappin. (2010). Riset Kesehatan Dasar 2010.

Soetijiningsih. (2013). Tumbuh kembang Anak. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Zahro, Aida Aisyatuz. (2009). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Verbal Dengan Perilaku Membacakan Cerita Pada Anak Di Dusun Petet Desa Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. https://core.ac.uk/download/files/478/12349946.pdf, Diakses Pada Tanggal 28 Juli 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.