HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN CARA-CARA BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI ACEH

HERI JUANDA, wirda hayati

Abstract


Games online merupakan sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Belajar adalah untuk mendapatkan pengetahuan, sikap, kecakapan dan keterampilan, cara- cara itu akan menjadi kebiasaan dan akan mempengaruhi kebiasaan belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Game Online Dengan Cara-Cara Belajar Pada Anak Usia Sekolah Di Madrasah Ibtidayah Negeri Tungkop Aceh Besar. Jenis penelitian kuantitatif; Deskriptif Koleratif dengan desain cross sectional study melalui teknik pengambilan sampel proportional stratified sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan tanggal 27 s/d 29 Juli 2016 di Madrasah Ibtidayah Negeri Tungkop Aceh Besar terhadap 76 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan cara wawancara terpimpin.  Hasil uji chis-quere  menunjukkan bahwa ada hubungan game online dengan konsentrasi (P-Value 0,000), ada hubungan game online dengan membuat tugas (P-Value 0,000), ada hubungan game online dengan mengulang pelajaran (P-Value 0,001). Berdasarkan hasil tersebut diatas maka diharapkan anak-anak dapat mengatur waktu untuk bermain game online dan belajar dimana game online dapat menyebabkan kecanduan (adiksi) dan mempengaruhi kebiasaan cara belajar anak

Full Text:

PDF

References


Adams, E. & Rollings, A. 2003. On Game Design. USA : New Reader Publishing.

Adams, E. & Rollings, A. 2007. Fundamentals of Game Design. Prentice Hall.http:www.designersnotebook.com/Books/Fundamentals_of_GameDesign/fundamentals_ch21.pdf. diakses pada tanggal 20 maret 2016

Dongdong, Li., Angeline, Khoo., Hyekyung, Choo., and Albert K, Liau. 2012. Effect of Digital Game Play Among Young Singaporean Gamers: A Two Wave Longitudinal Study. http:// journals. tdl.org/jvw r/index.php/jvwr/ article/download/6357/6 35. di akses pada tangga 20 maret 2016.

Kajori. (2015). Game Online Racuni Anak Aceh. http:// www .atjehcyber. com/nanggroe/game- online-racuni-anak-aceh.html. Diakses pada tanggal 16 maret 2016.

Slameto. (2013). Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soetijiningsih. (2013). Tumbuh kembang Anak. Edisi 2. Jakarta. EGC.

Winsen, dkk . (2012). Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia

Sekolah Di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinangor Sumedang http://jurnal.unpad .ac.id/ejournal/ article/download/745/791 diakses pada tanggal 16 maret 2016.

Young, K. (2009). Understanding online gaming addiction and treatment issues for adolescents. The American Journal of Family Therapy, 37: 355-372. http://www.netaddiction. com/ articles/Online_ Gaming_Addiction.pdf. diakses pada tanggal 16 maret 2016.

Yuan, et, al. (2011), Cortical Thickness Abnormalities in Late Adolescence with Online Gaming Addiction. http://journals .plos.org/plosone /articl e?id=10.1371/j ournal.pone.0020708 diakses pada tanggal 16 maret 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.