FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK

Nurul Rachmah, Sri Intan Rahayuningsih

Abstract


Makanan Pendamping ASI merupakan makanan atau minuman bergizi pendamping ASI yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. MP-ASI diberikan pada anak usia 6-24 bulan, tapi pada kenyataannya tetap saja banyak ibu yang memberikan MP-ASI secara tidak tepat, seperti memberikan makanan pendamping ASI dini (sebelum usia 6 bulan), pemberian makanan padat yang tidak sesuai dengan usia anak, dan memberikan MP-ASI dengan porsi yang terlalu berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dengan pemberian MP-ASI pada anak (6-24 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 orang ibu yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Waktu pengumpulan data dilakukan pada 23 Juni-3 Juli 2016, menggunakan kuesioner dengan cara wawancara terpimpin, kemudian dianalisa menggunakan Chi Square dengan nilai alpha=0,05. Hasil uji statistik diperoleh faktor predisposisi (p-value=0,005), faktor pendukung (p-value=0,036) dan faktor pendorong (p-value= 0,001) yang menunjukkan hubungan dengan pemberian MP-ASI. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu (p-value=0,002) dengan pemberian MP-ASI pada anak usia (6-24 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh. Disarankan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan peran dalam penyuluhan tentang pentingnya pemberian MP-ASI, baik dalam program Posyandu, home visit, dan program-program kesehatan lainnya.

 


Full Text:

PDF

References


Depkes Banda Aceh . (2013). Profil kesehatan kota Banda Aceh. Diakses dari http//: www. dinkes. bandaacehkota. go. id.

Depkes, RI. (2007). Pedoman teknis penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana. Jakarta: Bakti Husada. Diakses dari http://www.depkes.go.id/.

________. (2012). Laporan kinerja kemenkes 2009-2011.Diakses dari http://www.depkes.go.id/.

Herawati, Muhammad, dan Nurlatifah (2015). Perilaku tenaga kesehatan dalam memberikan pendidikan kesehatan dengan perilaku ibu dalam pemberian kapsul vitamin A pada anak berusia 6-9 bulan. Diakses dari http: ppjp.unlam.ac.id/journals/.

Ibrahim, M.,Rattu, A.J.M., & Pangemanan, J. M. (2010). Hubungan antara karakteristik ibu dan perilaku ibu dengan riwayat pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini di wilayah puskemas atinggola kecamatan atinggola kabupaten gorontalo utara.Diakses darihttp://www.ejournal.unsrat.ac.id.

Kementrian kesehatan RI .(2013). Riset kesehatan dasar 2013. Jakarta:

Kementrian Kesehatan RI. Diakses dari http://www.depkes.go.id/.

Kristianto, Y., & Sulistyarini, T. (2013).Faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam pemberian makanan pendamping ASI pada bayi umur 6-36 bulan.Jurnal STIKES 6 (1).Diakses dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/.

Lestari, E., Widiastuti, Y. P., Kunsianah.,& Qomariyah, N. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam pemberian MP-ASI dini di Desa Jungsemi Kecamatan Kungkang Kabupaten Kendal. STIKES Kendal. 1-20. Diakses dari : http//www.stikeskendal.ac.id/.

Notoatmodjo. (2010). Promosi kesehatan teori dan aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedibyo, S., & F, Winda. (2007). Pemberian makanan pendamping air susu ibu pada bayi yang Berkunjung ke Unit Pediatri Rawat Jalan. Jakarta: Sari pediatri.

Soetjiningsih.(2012). Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.