CAREGIVER BURDEN PADA KELUARGA DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SDLB LABUI BANDA ACEH

Yusri Yusri, Fithria Fithria

Abstract


Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anakĀ  yangmengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental, maupun emosional, jika dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. ABK sangat bergantung kepada keluarga yang berperan sebagai caregiver baginya. Hal tersebut menimbulkan keterbatasan pada keluarga dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui caregiver burden (beban pemberi asuhan) pada keluarga dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDLB Labui Banda Aceh tahun 2016. Penelitian dilakukan pada tanggal 2 Juni sampai dengan 4 Juni 2016 dengan cara membagikan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang berjumlah 66 responden. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban objektif keluarga berada pada kategori beban berat dengan frekuensi 34 responden (51,5%), beban subjektif keluarga berada pada kategori beban berat dengan frekuensi 40 responden (60,6%), dan beban keluarga secara keseluruhan berada pada kategori beban berat dengan frekuensi 39 responden (59,1%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada pihak sekolah bekerja sama dengan puskesmas untuk memberikan dukungan kepada keluarga dalam menjalankan fungsi dan tugas kesehatan keluarga sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus dengan baik tanpa membebani keluarga secara berlebihan.

Full Text:

PDF

References


Fontaine, K. L. (2003). Mental Health Nursing. United States of America: Pearson Education

Friedman, M. M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: riset, teori, dan praktek. Jakarta: EGC

Khomarun, Arianti E, & Agustiningrum. D. T. (2006). Level Burden bagi Caregiver dengan Anak yang Mempunyai Kebutuhan Khusus. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2015dalam(jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/motorik/article/download/22/23)

Supatri, A. (2014). Pengasuhan Orang Tua yang Memiliki Anak Retardasi Mental. Yogyakarta

Shyam R, Kavita, & Govil D. (2014).Stress and Family Burden in Mothers of Children with disabilities.International Journal of Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies (IJIMS), 2014, Vol 1, No 4, 152-159

Unicef. (2013). Keadaan Anak di Dunia 2013; Anak Penyandang Disabilitas.

Diakses pada tanggal 31 Oktober 2015 dalam(http://www.unicef.org/indonesia/id/SOWC_Bahasa.pdf)

WHO.(2011). World Report on Disability. Diakses pada tanggal 17 Desember 2015 dalam(www.who.int/disabilities/world_report/2011/report.pdf)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.