RESILIENSI MASYARAKAT DENGAN DISASTER PREPAREDNESS DI ACEH BESAR

MUTIA SARI, Budi Satria

Abstract


Seiring berjalannya waktu masyarakat mulai melupakan kejadian traumatik tersebut bahkan banyak dari masyarakat yang masih bertempat tinggal dan membangun rumah di pinggir pantai keadaan ini dipengaruhi oleh tingkat disaster preparedness masyarakat yang masih kurang, untuk itu diperlukan resiliensi yang baik agar dapat meningkatkan disaster preparedness yang lebih baik. Resiliensi terbukti mempengaruhi tingkat ketenangan individu pada saat bencana sehingga akan meningkatkan disaster preparedness individu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan resiliensi masyarakat dengan disaster preparedness di  Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 04 juni sampai dengan 14 juni di  Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study.Populasi dalam penelitian ini kepala keluarga di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar sebanyak 901.Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden.Teknik pengumpulan data dengan angket pada responden dalam bentuk dichotomous choice yang terdiri dari 35 pertanyaan.Metode analisis data menggunakan uji statistic chi-squere.Hasil penelitian didapat ada hubungan antara resiliensi (p-value 0.000) dengan disaster preparedness di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Diharapkan pada pemerintah, keluarga serta masyarakat untuk dapat meningkatkan resiliensi dengan demikian  disaster preparedness masyarakat dapat lebih di tingkatkan terutama masyarakat yang masih rawan bencana khususnya Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (2015). Aceh Dalam Angka.

Fajar Susetyo. (2014). Hubungan Regulasi Emosi Remaja Penyintas Bencana yang Berdampak Jatuhan Material Piroklastik dari Erupsi Gunung Api Kelud Di Kabupaten Kediri. Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.

Sasmita Mishra. (2007). Experience and Preparedness.Psycology and Developing Societies.

Reivich, karen& shatte, andrew. (2002). The resilience factor. 7 essential skill for overcoming life’s inevitable obstacles. Random hause,inc. New York.

Republik Indonesia.(2007). Undang-Undang No.27 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.Lembaran Negara RI Tahun 2007, No. 4723. Sekretariat Negara. Jakarta.

Sutton, J., and Tierney, K. 2006. Disaster Preparedness: Concepts, Guindance and Research. Colorado: University of Colorado

Suwarjo.(2008). Modul Pengembangan Resiliensi.Yogyakarta: Jurusan Psikologi Pendidikandan Bimbingan FIP UNY.

Waryono, (2012), tentang Resiliensi Perempuan Aceh dalam Menghadapi Bencana Alam Merapi:Studi di Kinahrejo Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.