DUKUNGAN KELUARGA DAN INFORMASI PADA LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI ACEH

wirza zulfajri, nurhasanah nurhasanah

Abstract


Pelaksanaan posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) lansia dilaksanakan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan. Di wilayah Jeulingke ada 1992 lansia, namun yang mengunjungi Posyandu hanya 65 lansia dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga dan informasi pada lansia dalam mengikuti posyandu. Jenis penelitian ini adalah Descriptive dengan jumlah populasi sebanyak 1992 lansia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Proposional Sampling, sebanyak 65 responden yang memenuhi kriteria responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terpimpin melalui beberapa pernyataan dalam kuesioner dalam bentuk Dichotomous Choice yang terdiri dari 11 item pernyataan. Analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga kurang yaitu 39 responden (60%) dan dukungan informasi kurang yaitu 43 responden (66,2%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran dukungan keluarga dan informasi pada lansia dalam mengikuti posyandu lansia berada pada katagori kurang. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat lebih andil dalam menyebarluaskan akan pentingnya mengikuti Posyandu lansia yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan agar dapat meningkatkan pengetahuan lansia dan meningkatkan angka partisipasi lansia dalam mengikuti posyandu lansia.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Depkes RI.

Badan Pusat Statistik, (2012). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Aceh

Bratanegara, A.S. Lukman. M & Hidayati, N. O. (2012). Gambaran Dukungan Keluarga Terhadap Pemanfaatan Posbindu Lansia di Kelurahan Karasak Kota Bandung Vol 1 No 1.Journal of Students e- Jurnal.

Budiarto, E. (2002). Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Darmojo, B & Hadi, M. (2010). Buku Ajar Boedhi-Darmajo Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut). Jakarta: FKUI.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2002).Profil Kesehatan Indonesia 2002 . Jakarta: Depkes RI..

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2006). Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan di Puskesmas. Jakarta: Depkes RI

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2007). Profil Kesehatan Indonesia 2007 . Jakarta: Depkes RI.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009). Profil Kesehatan Indonesia 2008 . Jakarta: Depkes RI

Efendi, F & Makhfudli. (2009). Keperawatan Komunitas:Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hayani, Fitri. (2012). Hubungan Perilaku Lansia Dan Dukungan Keluarga Terhadap Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Darussalam Tanggerang Tahun 2012. Vol.1. No. 2. E-Jurnal UNESA

Hayati, C. F. (2014). Gambaran Partisipasi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Posbindu Lansia di Desa Ie Masen Kayee Adang Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 2014. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Ismainar, H. (2015). Administrasi Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Depublish.

Killo, Nolvi (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Berkunjung Ke Kelompok Binaan Khusus Lansia Di Puskesmas Global Limboto Kabupaten Gorontalo.Vol 1. No. 2. Jurnal Kesehatan Masyarakat

Kurniati, C. H. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Pemanfaatan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) di Desa Kedondong Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UMP. ISBN. 978-602-14930-2-1.

Maryam, R. S. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Potter, P. A & Anne G. P. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik ed. 4. Vol 1. Jakarta: EGC.

Rachmat, R. H. H. (2004). Pembangunan Kesehatan di Indonesia. Yogyakarta: UGM Press.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Tahun 2013. Jakarta: Kemenkes RI

Setiawati. (2008). Proses Pembelajaran dalam pendidikan kesehatan. Jakarta: Trans Info Media

Stanley, M & Patricia, G. B. (2006). Buku ajar Keperawatan Gerontik, Ed.2. Jakarta: EGC.

Sumirat, Widhi. (2011). Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang Posyandu Lansia Terhadap Keaktifan Lansia Di Posyandu Lansia Studi Eksperimental Di Dusun Paron II Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem.Vol 1 No. 4. Journal of AKP. ISSN 2072-3457.

Sunartyasih, C. M. R, Brigita, L. (2012). Hubungan Kendala Pelaksanaan Posbindu dengan Kehadiran Lansia di Posbindu Rw 08 kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung Vol 3 No.1.Journalof Sains, Teknologi dan Kesehatan, ISSN 2089-3582.

Suwandono , dkk. (2000). Pengembangan Model Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Terpadu. Jakarta: Salemba Medika.

Tamher, S & Noorkasiani. (2011). Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Yuliani. (2015). Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Lansia Dalam Memanfaatkan Posyandu Lansia. Vol.3. No.1. Jurnal Dunia Kesehatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.