PERKEMBANGAN EMOSIONAL REMAJA PUTUS SEKOLAH DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA JROH NAGUNA BANDA ACEH

Harfina Simahara, Teuku Samsul Alam

Abstract


Remaja putus sekolah beresiko terhadap kenakalan remaja dan tindakan kriminal.Hal tersebut dapat terjadi salah satunya karena pengaturan dan kompetensi emosi yang kurang baik.Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah remaja putus sekolah, salah satunya dengan membentuk UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh yang bertujuan untuk membina remaja putus sekolah agar dapat hidup mandiri dan berperan aktif di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan emosional remaja putus sekolah, khususnya dari segi pengaturan dan kompetensi emosi di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden, yang diambil dengan teknik total sampling dari jumlah populasi 40 orang remaja putus sekolah yang berada di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui wawancara terpimpin. Analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56,7% responden memiliki pengaturan emosi yang kurang baik dan 66,7% responden juga memiliki kompetensi emosi yang kurang baik.Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran perkembangan emosional remaja putus sekolah di UPTD Rumoh Seujahtra Jroh Naguna berada pada kategori kurang baik. Saran bagi tempat penelitian, diharapkan untuk terus memberikan dan meningkatkan pembinaan tidak hanya secara fisik namun secara mental dan sosial.


Full Text:

Untitled

References


Ali, M&Asrori, M. (2004).Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara

Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. (2015). Statistik daerah provinsi Aceh 2015. Dikutip pada tanggal 25 Desember 2015 dari http://aceh.bps.go.id

Casey, B.J., Jones, R. M., Levita, L., Libby, V., Pattwell, S. S., Ruberry, E. J., et al. (2010). The storm and stress of adolescence: insights from human imaging and mouse genetics. Depelopmental Phychobiology, 52, 225-235. Retrieved from: https://www.sacklerinstitute.org/cornell/people/bj.casey/publications/publicatios/Casey.et.al.DevPsychoBio.preprint.pdf

Herts, K.L., McLaughlin, K.A., & Hatzenbuehler, M.L. (2012).Emotion dysregulation as a mechanism linking stress exposure to adolescent aggressive behavior.Journal of Abnormal Child Psychology, 40 (7), 1111-1122. doi: 10.1007/s10802-012-9629-4

Hessler, D.M., & Katz, L.F. (2010). Brief report: Associations between emotional competence and adolescent risky behavior. Journal of Aldolescence, 33 (1), 241-246. doi: 10.1016/j.adolescence.2009.04.007

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga

Jahja, J. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rasyid, Miranti. (2012). Hubungan antara peer attachment dengan regulasi emosi remaja yang menjadi siswa di Boarding School SMA Negeri 10 Samarinda .Jurnal Psikologi dan Perkembangan, 1 (3), 1-7

Reivich, K &Shatte, A. (2002).The resiliensce faktor: 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. USA: Broadway Books

Richards, J.M& James, J.G. (2000). Emotion regulation and memory: the cognitive cost of keeping one’s cool. Journal of Personality and Social Psychology, 79 (3), 410-424.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Santrock, J.W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: SalembaHumadika

Stanley, M.J., Canhan, D.L., &Cureton, V.Y. (2006).Assessing prevalence of emotional and behavioral problems in suspended middle school students.The Journal of School Nursing, 22 (1), 40-47

UNICEF Indonesia. (2012). Unicef Indonesia laporan tahunan2012. Dikutip pada tanggal 1 Januari 2016 dari http://Annual_Report_(Ind)_130731.pdf

Vaughn, M. G., Beaver, K. M., Wexler, J., DeLisi, M., & Roberts, G. J. (2011) The effect of school dropout on verbal ability in adulthood: a propensity score matching approach. J Youth Adolescence, 40, 197–206. doi: 10.1007/s10964-009-9501-1

Yahaya, A., Zakariya&Yahya.(2005). Aplikasi Kognitif dalam Pendidikan. Pahan Darul Makmur: PTS Professional Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.