KATEGORI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH

Muslem Muslem, Hasmila Sari

Abstract


Bullying merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak. Beberapa jenis bullying yang sering terjadi diantaranya meliputi bullying fisik, bullying verbal, bullying mental/psikologis dan bullying seksual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel 88 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 19-22 Juli 2016, dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan cara wawancara. Pengolahan data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian diketahui bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh berada pada kategori bullying sedang (53,4%), dengan bullying fisik pada kategori bullying sangat berat (40,9%), bullying verbal pada kategori tidak ada bullying (27,3%), bullying mental/psikologis pada kategori bullying sangat berat (27,3%), dan bullying seksual pada kategori tidak ada bullying (100%). Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi kepada pihak sekolah terkait dengan kasus bullying pada anak usia sekolah, sehingga dapat mengupayakan tindakan pencegahan terjadinya perilaku bullying pada anak, dengan memaksimalkan    pemantauan terhadap perilaku anak serta menambahkan bimbingan tentang pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 


Full Text:

PDF

References


Dewi, D. (2014). Gambaran dan karakteristik bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas I perkutatan kabupaten Jembrana Bali. Diakases pada http://wisuda.unud.ac.id [22 Juli 2016]

Hertijung, W.S. (2013). Bentuk-bentuk perilaku bullying di sekolah dasar. Diakses pada http://publikasiilmiah.ums.ac.id (23 Juli 2016)

Hurlock, E.B. (2009). Psikologi perkembangan. Jakarta Erlangga.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2014). Kasus bullying dan pendidikan karakter. Diakses dari http://kpai.go.id [25 Februari 2016].

Kususma, M.P. (2014). Perilaku school bullying pada siswa SD Negeri Delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Diakses pada http://enprints.uny.ac.id [23 Juli 2016]

Sari, E.P. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. (Skripsi). Fakultas Keperawatan. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.

Serambi Indonesia. (2015). Bocah perempuan SD tewas dikeroyok siswa pria di kelas. Koran Harian Serambi Indonesia tanggal 28 September 2015.

Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada siswa di sekolah asrama. Diakses pada http://jurnal.ug.ac.id [23 Juli 2016]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.