PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH

Husnul Wirdah, Muhammad Yusuf

Abstract


Asuhan keperawatan adalah suatu pendekatan untuk pemecahan masalah pada pasien dengan memberikan pelayanan keperawatan. Sejauh ini perawat tidak sepenuhnya melakukan asuhan keperawatan sesuai dengan SOP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana di RSUD Meuraxa Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruhperawat pelaksana.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sebanyak 58 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 55,2% berada pada kategori baik dan 44,8% berada pada kategori kurang baik dalam menerapkan asuhan keperawatan di RSUD Meuraxa Banda Aceh, sedangkan penerapan asuhan keperawatan pada tahap pengkajian berada pada kategori baik (67,2%), tahap diagnosa berada pada kategori baik (77,6%), tahap perencanaan pada kategori baik (81,0%), (60,3%) tahap implementasi berada pada kategori kurang baik, dan tahap evaluasi berada pada kategori baik (77,6%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian  perawat pelaksana di RSUD Meuraxa Banda Aceh telah menerapkan asuhan keperawatan sesuai dengan SOP. Peneliti mengharapkan agar kegiatan supervisi perlu di tingkatkan untuk menjaga dan meningkatkan kinerja perawat pelaksana dalam menerapkan asuhan keperawatan.

Full Text:

PDF

References


Budiarto, E. (2002). Biostatistik untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat.Jakarta: EGC.

Biki, P.A.U, (2015). Gambaran Kinerja Perawat dalam Memberikan Asuhan Keperawatan di Ruang Interna di RSUD PROF. DR.H.Aloei Saboe Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo: Jurnal Keperawatan. Diakses pada tanggal 16 juli 2016 dari www.kim.ung.ac.id

Rosdahl, B. C. & Kowalski, T. M. (2014). Buku Ajar Keperawatan Dasar. Ed.10.Vol 1. Jakarta: EGC.

Depkes. (2005). Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 836/MENKES/SK/2005, tentang Pedoman Pengembangan Manajemen Kinerja Perawat dan Bidan. Jakarta.

Hidayat, A. A. A. (2011). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Ed. 2. Jakarta: Salemba Medika

Ilyas, Yaslis. (2002), Kinerja: Teori, Penilaian, dan Penelitian, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan Fakultas Masyarakat Universitas Indonesia, Depok

Kemenkes RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta. Diakses pada tanggal 9 Maret 2016 dari http://www.kemenkes.go.id.

Kozier, Barbara. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan; Konsep, Proses dan Praktik edisi 7 Volume. Jakarta: EGC.

Potter, P. A &Perry, A. G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan.Jakarta: EGC.

Syamsudin, (2004). Hubungan penerapan standar asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan diruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Thesis (Publikasi): Universitas Diponegoro. Di diakses pada tanggal 16 juli 2016 dari www. eprints.undip.ac.id.

Sumijatun, (2010). Konsep Dasar Menuju Keperawatan Profesional. Jakarta: Trans Info Media.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Diakses pada tanggal 9 Maret 2016 dari http://www.binfar.kemkes.go.id./uu.44_2009 Rumah Sakit.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Diakses pada tanggal 9 Maret 2016 dari http://www.kemenkopmk.go.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.