PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK RUMAH SAKIT UMUM ACEH

INDAH LESTARI, NANI SAFUNI

Abstract


Gagal ginjal kronik merupakan penyakit ginjal tahap akhir yang memerlukan terapi pengganti ginjal sepanjang hayat dan menimbulkan kondisi fisik yang buruk sehingga mempengaruhi kondisi psikologis pasien. Pemenuhan kebutuhan spiritual sangat dibutuhkan oleh pasien untuk meningkatkan perilaku koping. Perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan yang komprehensif harus dapat memenuhi kebutuhan spiritual pasien  untuk membantu pasien mempertahankan perasaan kesejahteraan spiritualnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien gagal ginjal kronik di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang ditinjau dari hubungan dengan Tuhan, diri sendiri, orang lain, dan alam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 35 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 22 pernyataan menggunakan skala likert dengan metode wawancara terpimpin. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat.Hasil penelitian didapatkanpemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien gagal ginjal kronik berada pada kategori kurang baik (51,4%)yang terdiri dari hubungan dengan Tuhan berada pada kategori baik (51,4%) hubungan dengan diri sendiri pada kategori kurang baik (57,1%) hubungan dengan orang lain pada kategori kurang baik (57,1) hubungan dengan alam pada kategori kurang baik (65,7%). Diharapkan bagi para perawat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terkait pemenuhan kebutuhan spiritual sehingga pasien dapat beradaptasi dengan baik terhadap penyakitnya.


Full Text:

PDF

References


Azahra. (2013). Peran Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Depresi Pada Penderita Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Terapi Hemodialisis. Volume 3, Nomor 3, Hal 1-15.

Asty, Hamid, Putri. (2014). Gambaran Perubahan Hidup Klien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa. Volume 10, Nomor 2, Hal 172-18.

Darmanto, C. (2011). Persepsi Perawat Tentang Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Pasien Di Instalasi Rawat Inap Prima II Rumah Sakit Immanuel. Jakarta : STIK Immanuel.

Djumhana. (2003). Islam Untuk Disiplin Ilmu Psikologi. Jakarta : Depag RI.

Hamid, A. Y. (2008). Bunga Rampai Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta : EGC.

Kurniawati, D.N & Bakar, A. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Ibadah Pasien Islam Yang Dirawat Dengan Pendekatan Spiritual Islam Di Rumah Sakit Aisyiah Bojonegoro Dan Rumah Sakit Haji Surabaya. Volume 2, Nomor 1, Hal 115-119.

McSherry. (2006). Making Sense of Spiritality in Nursing and Health Care Practice, An Integrative Approach. Second Edition. London & Philadelphia. : Jessica Kingsley Publishers.

‘O Brien, ME. (2011). Spirituality In Nursing : Standing on Holy Ground 4th ed. p.cm.

PERNEFRI (2011). 4th Report of Indonesian Renal Registri. Dikutip dari http://www.indonesianrenalregistry.org

Potter, P. A. & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik, Edisi 6. Jakarta : EGC.

Purwaningrum, Febrianita. (2015). Hubungan Aktivitas Spiritual Dengan Tingkat Stress Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi (Publish). STIKES Aisyiyah, Yogyakarta.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Riyanto., Suranah & Surati. (2014). Tentang Pengaruh Bimbingan Spiritual Islami Terhadap Kualitas Hidup Pasien Hemodialisis Di RSUD Kabupaten Semarang. Prosiding Konferensi Nasional II PPNI Jawa Tengah, Hal 82-86.

Smeltzer, S. C. & Bare, B. G. (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Edisi 8, Volume 2, Jakarta : EGC.

The United States Renal Data System (USRD) . (2011). Incidence, Prevalence, Patient Characteristics and Treatment Modality. Diakses dari http//www.usrds.org/.

Young & Koopsen. (2011). Spirituality, Health, and Healing, An Integrative Approach. Second Edition.

Zahrofi. (2014). Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Al-Quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di RSPKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi (Publish). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.