DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA SMAN 5 BANDA ACEH

nur azizah, Rachmalia Rachmalia

Abstract


Masa remaja merupakan masa-masa kritis yang memiliki berbagai masalah diantaranya masalah konsep diri. Faktor kritis yang mempengaruhi remaja yang memiliki peningkatan kebutuhan pengenalan dan penerimaan diri adalah kelompok teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan konsep diri remaja. Desain penelitian bersifat korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling dan accidental sampling dengan jumlah sampel 83 responden. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 01 s/d 03 Agustus 2016 di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari 12 pertanyaan untuk variabel independen dan dalam bentuk skala dikotomi yang terdiri dari 25 penyataan untuk variabel dependen. Metode analisa data menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil analisa data didapatkan bahwa ada hubungan dukungan teman sebaya dengan konsep diri remaja (  =0,001), dimana konsep diri meliputi subvariabel citra tubuh (  =0,001), harga diri (  =0,013), ideal diri (  =0,013), identitas diri (  =0,001).   Berdasarkan hasil penelitian diharapkan kepada sekolah untuk dapat meningkatkan upaya pendidikan siswa terbimbing dengan mengoptimalkan pelayanan Bimbingan Konseling di sekolah


Full Text:

PDF

References


Batubara, J.R. (2010). Adolescent development (perkembangan remaja). Sari Pediatri, Vol. 12, No. 1,

Geldard, D.,Geldard, K. (2011). Konseling remaja: pendekatan proaktif untuk anak muda edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indrayana, P., Fabiola, H. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Konformitas Kelompok Teman Sebaya Dengan Konsep Diri Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 2, No. 3.

Keliat, A,B. (1998). Gangguan konsep diri. Jakarta:EGC

Marnita, L. (2010). Hubungan bentuk interaksi sosial dan konsep diri pada anak remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Banda Aceh tahun 2009. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

Notoadmojo, S. (2010). Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Potter, P.A., Perry, A.G. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan : konsep, proses, dan praktik, volume 1, edisi 4. Jakarta. EGC

Ristianti, A. (2010). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri pada remaja di sma pusaka 1 jakarta. Jurnal . Retrieved from http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/1581. Fakultas Psikologi: Universitas Gunadarma.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Edisi ketujuh jilid dua. Jakarta: Erlangga.

Soetjiningsih. (2004). Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: CV Sagung Seto

Stuart, G.W & Sundeen, S.J. (1998). Buku saku keperawatan jiwa. Edisi 3. Jakarta: EGC

Stuart, G.W & Laraia, M.T. (2006). Principles and practice of psychiatric nursing. 8 editions. Mosby

Yuan, A.S. (2010) Body perceptions, weight control behavior, and change in adolescencets pshychological well-being over time: a longitudinal examination of gender. J youth adolescence. 39: 927-939


Refbacks

  • There are currently no refbacks.