KENAKALAN REMAJA DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH

Azziyarni Uchra, Sri Novitayani

Abstract


Kenakalan remaja merupakan permasalahan yang hampir setiap tahun selalu mengalami peningkatan, mayoritas pelaku kenakalan remaja berada pada rentang usia 15-19 tahun.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kenakalan remaja di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh yang dilakukan pada tanggal 21 s/d 25 juni 2016. Populasinya seluruh remaja usia 16-18 tahun di gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah snowball sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode pembagian angket dan menggunakan analisis distribusi frekuensi untuk mengetahui frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden melakukan kenakalan remaja ringan (77,3%), kenakalan menimbulkan korban fisik mayoritas ringan (77,3%), kenakalan menimbulkan korban materi mayoritas ringan (88,6%), kenakalan sosial mayoritas ringan (71,6%), kenakalan melawan status mayoritas sedang (58%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kenakalan remaja di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh berada pada kategori ringan. Diharapkan bagi orang tua untuk lebih menaruh perhatian terhadap persoalan sosial terutama perilaku sosial anak remaja baik di sekolah maupun dirumah, terutama kenakalan remaja.

 

 


References


Aviyah, E & Farid, M. (2014). Religiusitas, Kontrol diri dan Kenakalan Remaja. Pesona, Jurnal Psikolgi Indonesia. Vol. 3, No. 02, hal 126-129.

Fuadah, N. (2011). Gambaran Kenakalan Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Jurnal Psikologi Volume 9. Nomor 2. Juni 2011

Kartono, K. (2005). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali

Palupi, A, O., Purwanto, E., & Noviyani, D, I. (2013). Pengaruh Regiliusitas Terhadap Kenakalan Remaja. ISSN 2252-634X.http://journal.unnes.ac. id/sju/index.php/epj

Santrock, J. W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Sarwono, W.S. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Pers

Setianingsih, E., Uyun, Z., & Yuwono, S. (2006). Hubungan Antara Penyesuaian Sosial dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah dengan Perilaku Delinkuen pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro Vol. 3 No.1, Juni 2006.

Sudarsono.(2004). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta

Utami, N, N. (2014). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dan Religiusitas dengan Kenakalan Remaja. Skripsi Program Studi Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.