PERILAKU HYGIENE ORGAN REPRODUKSI DENGAN TERJADINYA KEPUTIHAN PADA MAHASISWI FAKULTAS KEPERAWATAN UNSYIAH

Intan Novira, Rachmalia Rachmalia

Abstract


Mahasiswi keperawatan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang baik tentang kesehatan di bandingkan masyarakat pada umumnya terutama terkait perilaku hygiene organ reproduksi sebagai salah satu penyebab keputihan. Namun masih ada keluhan dari beberapa mahasiswi terkait terjadinya keputihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku hygiene organ reproduksi dengan terjadinya keputihan pada Mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah korelatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Keperawatan angkatan 2012 dan 2013 dengan jumlah 209 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 137 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 21 pernyataan. Metode analisis data menggunakan uji chi square test. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value 0,000 (α=0,05) menolak H0, yang berarti bahwa ada hubungan antara perilaku hygiene organ reproduksi dengan terjadinya keputihan pada mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala dan masalah keputihan di kalangan mahasiswi berada dalam kategori fisiologis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada mahasiswi agar dapat mempertahankan perilaku hygiene organ reproduksi dengan baik sebagai salah satu tindakan pencegahan penyakit organ reproduksi.


References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Indonesia. (2015). Diakses pada tanggal 20 November 2015 dari

adap Kejadian Keputihan Patologis pada Remaja Putri di Pondok Cabe Ilir, Skripsi FK UIN. Jakarta : Universitas http://www.bimkes.org/tentang-bimkes/

Bobak, L.,& Jensen. (2004). Keperawatan Maternitas. (4th ed). Jakarta : EGC.

Budiarto, E. (2003). Metodologi Penelitian Kedokteran. Jakarta : EGC.

Daldiyono. (2009). How to be a real and succesfull student. Jakarta: Gramedia

Djuanda, A., Hamzah, M., & Aisah, S. (2010). Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. (6th ed). Jakarta : FKUI.

Erwin, H., Rahmi, E. Y.,& Arneliwati. (2014). Faktor perilaku yang mempengaruhi terjadinya keputihan pada remaja putri.Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika.654 – 661.

Indriyani., Indriyawati.,& Pratiwi. (2012). Hubungan personal hygiene dengan kejadian keputihan pada siswi Ma Al – Hikmah Aeng Deke Bluto.Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika. 69 – 72.

Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI). (2015). Diakses pada 25 November 2015 dari http://jmki.weebly.com./profil-jmki-nasional.html

Karyati, A. (2014). Korelasi anatar perilaku vulva hygiene dengan kejadian keputihan pada mahasiswi program studi keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak, Skripsi : FK UNTAN. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Klebanoff, M.A. (2010). Personal Hygienic Behaviors and Bacterial Vaginosis. National Institutes of Health 37 (2): 94 – 99.

Kusmiran, E. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Manuaba, I.A.C. (2009). Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Edisi 2. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Nurhayati, A. (2013). Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Vaginal Hygiene TerhIslam Negeri Syarif Hidayatullah.

Potter & Perry. (2005). Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktik (4th ed). Jakarta: EGC.

Prasetyowati., Yulianti., Kusrini, K. (2009). Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Keputihan pada siswi smu Muhammadiyah Metro Tahun 2009. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai. 2(2),45-51.

Rohmah, E., Nurjayanti, D.,& Lestari. (2014). Hubungan Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi dengan Kejadian Keputihan pada Siswi Kelas XI dan XII IPA SMAN 1 SOOKO Ponorogo. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai. 11(2), 27-38.

Sandriana., Ibnu, I. F.,& Rachman, W. A,. (2014). Perilaku Personal Hygiene Genitalia Santriwati Di Pesantren Ummul Mukminin Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. 9-14.

Tim Penyusun. (2014). Modul Kebutuhan Seksualitas. Banda Aceh : Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Tim Penyusun. (2013). Modul Kebutuhan Self Care. Banda Aceh : Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.