TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SBMPTN DI BIMBINGAN BELAJAR BANDA ACEH

Nur Sari, Hasmila Sari

Abstract


Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) merupakan salah satu tahap evaluasi yang akan dilalui oleh setiap siswa sebelum memasuki perguruan tinggi. Hal ini merupakan salah satu penyebab kecemasan yang dialami oleh siswa bimbingan belajar karena kecemasan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam menghadapi ujian SBMPTN. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan pada siswa dalam menghadapi ujian SBMPTN di Bimbingan Belajar Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 dan 30 Mei 2016. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain penelitian descriptive explorative. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan metode proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 responden yang terdiri dari siswa IPA, IPS, dan IPC. Tingkat kecemasan diukur dengan menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale of Anxiety (HRS-A). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 37 siswa (38,5%) tidak cemas, 40 siswa (41,7%) cemas ringan, 15 siswa (15,6%) cemas sedang, 4 siswa (4,2%) cemas berat. Siswa IPA sebagian besar berada pada kategori tidak cemas (55,0%), siswa IPS berada pada kategori cemas ringan (50,0%) dan siswa IPC berada pada kategori cemas ringan (50,0%). Disarankan kepada Lembaga Bimbingan Belajar untuk dapat melakukan terapi tarik napas dalam pada siswa agar dapat mengurangi kecemasan sebelum menghadapi ujian.

References


Hamilton, M. (1959). The Assessment of Anxiety by Rating. Br J Med Psychol; 32:50-55

Indoberita. (2015). Retrieved from http://indoberita.co.id/2015/07/80-persen-peserta-sbmptn-2015-tidak-lulus.html

InfoSBMPTN. (2016). Cara Pendaftaran SBMPTN 2016. Retrieved from http://sbmptn2016.com/

Jannah, M.A. (2015). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian SBMPTN. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Kozier, Barbara.,Erb, Glenora.,Berman, Audrey., Snyder, Shirlee J. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan :Konsep, Proses, &Praktik. Ed.7, Vol. 1. Jakarta. EGC.

Krisnaningrum, M.C. &Purwandari, E. (2015). Hubungan Strategi Koping dengan Kecemasan Menghadapi Ujian SBMPTN. Fakultas Psikologi. Universitas Surakarta.

Lukluk A, Zuyina & Bandiyah, S. 2011. Psikologi Kesehatan. Yogyakarta. Nuha Medika

Nasir, A. &Muhith, A. 2011. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar dan Teori. Jakarta. Salemba Medika.

Nevid, Jeffrey S., Rathus, Spencer., Greene, Beverly. (2003). Psikologi Abnormal. Ed.Kelima. Jilid 1. Gelora Aksara Pratama. Penerbit Erlangga.

Notoatmodjo, Soekidjo (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2 tahun 2015.

Rini, E.S. (2012). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Kalasan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Stuart, Gail W., Sundeen, Sandra J. (1998). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Ed. 3. Jakarta. EGC.

Stuart, Gail W. (2016). Prinsip & Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Ed. Indonesia. Elsevier Singapura

Suherman, (2012). Bimbingan Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia

Sujarweni, W.V. & Endrayanto, P. (2012). Statistika Untuk penelitian. Yogyakarta. Graha Ilmu

Tarigan, Mitra. (2015). Cara Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jakarta. Tempo. Retrieved from http://m.tempo.co/read/news/2015/02/09/2015/02/09/079641175/3-cara-penerimaan-masuk-perguruan-tinggi-negeri

Videbeck, Sheila L. (2011). Phychiatric-Mental Health Nursing. 5th. Ed


Refbacks

  • There are currently no refbacks.