TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT UJIAN SKRIPSI

caturi yunni noesika, Arfiza Ridwan Ridwan

Abstract


Kegagalan dan ketidaksiapan mahasiswa  untuk mencapai skor TOEFL yang di tetapkan Universitas Syiah Kuala masih menjadi masalah yang serius. Berdasarkan data tahun 2012-2015 dari 22.776 mahasiswa Unsyiah  yang mengikuti TOEFL hanya 17% yang mendapatkan skor ≥ 450. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres mahasiswa keperawatan  dalam menghadapi TOEFL sebagai syarat mengikuti ujian skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya seluruh mahasiswa keperawatan semester akhir angkatan 2012 reguler A. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan terhadap 74 responden. Alat pengumpulan data  merupakan hasil modifikasi dari  kuesioner Depression Anxiety Stress Scale (DASS 42)  yang terdiri dari 42 item pernyataan dimodifikasi menjadi 38 item pernyataan. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 6-22 Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam menghadapi TOEFL sebagai syarat mengikuti ujian skripsi di Universitas Syiah Kuala sebanyak 43 responden (58,1%) mengalami tingkat yang ringan dan sebanyak 31 responden (41,9%) mengalami tingkat stres yang berat, sehingga dapat disimpulkan sebagian mahasiswa berada pada kategori stres ringan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada Fakultas Keperawatan untuk meningkatkan pembelajaran tentang TOEFL, baik secara intra maupun ekstrakurikuler bagi mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir. Bagi para mahasiswa disarankan untuk melakukan persiapan-persiapan TOEFL yang tidak hanya didapatkan dari proses pembelajaran di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melainkan juga dari luar kampus secara mandiri.


References


Arini, Y. (2012) Meningkatkan kemampuan mengerjakan tes TOEFL melalui implementasi teknik mind map. Eksperimental Research pada Mahasiswa STAIN Jurai Siwo Metro

Kathryn, G & Geldard, D. (2010). Konseling remaja pendekatan proaktif untuk anak muda. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kementerian kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar/RISKESDAS 2013 Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Jakarta (diakses tanggal 3 November 2015)

Limandra, I. (2013). THESIS Student’s anxiety towards TOEFL test the caused factors and effects.. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana

Nurhayati, I. K. & Giri, R. (2014). Analisis perbandingan nilai TOEFL dengan nilai mata kuliah bahasa inggris mahasiswa. Jurnal Sosioteknologi Volume 13, Nomor 2, Agustus 2014: Telkom University

Psychology Foundation of Australia. (2010). Depression anxiety stress scale. Maret 13, 2015. http://www2.psy.unsw.edu.au/ groups/dass

Potter P.A. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik, Ed. 4. Jakarta: EGC

Purwati, S. (2012). Skripsi stres akademik pada mahasiswa reguler angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta. (diakses tanggal 20 November 2015)

Santrock, W. J. (2007). Remaja Ed.11 jilid I. Jakarta: Erlangga

Sreeramareddy C, T. (2007). Psychological morbidity, sources of stress and coping strategies among undergraduate Medical Students of Nepal, BioMedCentral Medical Education. Available from: http://www.biomedcentral.com/1472-6920/7/26. [diakses pada 04 Oktober 2015]

Sugeng, B., Saleh, S. M & Suharto, G. (2012). Penguasaan bahasa inggris mahasiswa baru UNY tahun akademik 2005/2006 – 2009/2010 pada kriteria TOEFL-LIKE. Jurnal LITERA, Volume 11, Nomor 2, Oktober 2012. Universitas Negeri Yogyakarta

Tim Perumus Unsyiah. (2010). Panduan administrasi akademik program sarjana dan diploma Universitas Syiah Kuala. Darussalam: Banda Aceh

Wade, C & Tavris, C. (2007). Psikologi. Ed 9. Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Wiramihardja, A. S. (2005). Pengantar psikologi abnormal. Bandung: PT Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.