STUDI PERBANDINGAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI KETERAMPILAN PERAWAT TERHADAP PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL DI RSU ACEH

mori widia, andakamal kamal

Abstract


Infeksi nosokomial digolongkan sebagai infeksi yang berkaitan dengan pemberian layanan kesehatan difasilitas kesehatan, infeksi nosokomial didapatkan selama pasien dirawat di rumah sakit, kejadian infeksi nasokomial di dunia terdapat 1,4 juta orang, di indonesia di 10 rumah sakit umum pendidikan diperoleh angka cukup tinggi 6-16%.. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan persepsi keterampilan perawat terhadap pencegahan infeksi noskomial di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian adalah comparative study dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah perawat di ruang mamplam 1 dan 2 Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden yang terdiri dari 20 orang dari ruang mamplam 1 dan 20 orang dari ruang mamplam 2. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dalam bentuk multiple choise yang terdiri dari 30 pertanyaan dan skala Likert yang terdiri dari 20 pernyataan. Metode analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test. sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengetahuan perawat terhadap pencegahan infeksi nosokomial dan tidak ada perbedaan persepsi keterampilan perawat terhadap pencegahan infeksi nosokomial. Direkomendasikan bagi perawat di ruang Mamplam 1 dan 2 RSUZA untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terhadap pencegahan infeksi nosokomial.

 


References


Almuzzaki. (2013). Karekteristik Penderita dan Jenis Infeksi Nosokomial Di RSUD dr. Zainoel Abisin (skripsi)

Adiprasetyo, dkk. (2011). Keep your best people: jangan sampai karyawan anda hengkakng atau dibajak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Aditi Sella Gita, Agustina Hana Rizmadewi & Amarullah Afif Amir. (2012). Pengetahuan dan sikap mahasiswa akper terhadap pencegahan infeksi nosokomial flebitis: Bandung

Bertnus. (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan perawat dalam melakukan tindakan pengambilan darah vera. Universitas Hasanuddin.Makasar

Bady Marwoto Agus, Kusnanto Hari & Handoko Dwi. (2007). Analisis kinerja perawat dalam pengendalian infeksi nosokomial di IRNA I RSUP DR. SARDJITO: Yogyakarta

Herpan & Wardani Yuniar. (2012). Analisis kinerja perawat dalam pengendalian infeksi nosokomial di RSU PKU Muhammadiyah Bantul: Yogyakarta

Ivancevich John M, Konopaske Robert & Matteson Miechael T.(2011) Perilaku dan manajegen organisasi. Jakarta: Erlangga

Istiqomah Nor Asih, Hidayat Wahyu & Widayanto. (2014). Pengaruh keterampilan kerja, kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja perawat di Rumah sakit sultan agung. Semarang

Kozier, Barbara (2010). Buku Ajar fundamental keperawatan : konsep, proses dan praktik. Ed 7.Jakarta: EGC

Keraf, A.Sonny & Dua Mikhael. (2010). Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Kaninus

Liza Salawati , Taufik Herry Nasyaruddin & Putra Andi. (2014). Analisis tindakan keselamatan dan kesehatan kerja perawat dalam pengendalian infeksi nosocomial do ruang ICU RSUD dr. Zainoel Abidin: Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala Volume 14 Nomor 3 Desember 2014

Nursalam & Ferry Efendi. (2008). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan .edisi 3. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, S.(2007). Perilaku kesehatan dan ilmu perilaku, Jakarta: PT Rineka Cipta

Notoatmodjo, S(2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Priharjo Robert. (2008). Konsep & Perspektif Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC

Suheimi, Mimin Emi, Hj. (2003). Etika Keperawatan : Aplikasi dan Praktik . Jakarta: EGC

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabett

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun. (2009). Tentang RumahSakit

WHO, (2002). Preventionof Hospial Acquired Infection, A Practical Guide, 2nd Edition

Wulandari Gerda Dra. & Widiyanto Gianto. (2002). Perawat sebagai pendidik: prinsip-prinsip pengajaran dan pembelajaan. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.