Hubungan Kadar Hemoglobin terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Atia Biladina, Yulia Ramdhani, Saminan Saminan

Abstract


ABSTRAK

Rendahnya kadar hemoglobin pada remaja merupakan masalah kesehatan yang dapat berdampak pada menurunnya kemampuan akademis di sekolah. Defisiensi zat besi rentan menyerang anak usia

sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar hemoglobin terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah analitik

observasional  dengan  pendekatan  cross-sectional  dan  telah  dilakukan  pada  bulan  Oktober  2016 dengan jumlah responden 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random

sampling. Pengukuran kadar hemoglobin pada penelitian ini menggunakan alat hemoglobinometer digital yaitu easy touch merek GCHb dengan kadar Hb normal yaitu 12,0-15,2 g/dl, sedangkan prestasi belajar dapat diperoleh dari buku rapor kelas pada akhir semester. Data selanjutnya dianalisis dengan

uji statistik Spearman Correlation. Hasil analisa data diperoleh nilai signifikansi 0,459 (p>0,05) dan

rank correlation bernilai -0,094. Hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara kadar hemoglobin dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar.

 

Kata Kunci: Kadar hemoglobin, prestasi belajar, siswa

 

ABSTRACT

 

Low haemoglobin levels in adolescents is a health problem that can decrease the academic abilities at school. Susceptible to iron deficiency affects children of school age. The purpose of this study was to determine the relationship between haemoglobin levels of learning achievement at SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Aceh Besar. This type of research is observational analytic with cross-sectional and was done in October 2016, with the number of respondents 64 people. Sampling was done by proportional random sampling. Measurement of haemoglobin levels in this study using digital hemoglobinometer tool that is easy GCHb brand touch with normal haemoglobin levels, namely from 12.0 to 15.2 g/dl, while learning achievement can be obtained from the report card at the end of the semester grade. Data were then analyzed by Spearman Correlation. Results of data analysis obtained significance value 0,459 (p>0.05) and rank correlation worth -0.094. It showed that there is no relationship of levels of haemoglobin students with learning achievements at students SMA Negeri 1 Ingin Jaya, Aceh Besar.

 

Keywords: Haemoglobin level, achievements, student


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Tefferi A,dkk. How to interprete and persue an abnormal complete blood cell count in adult. Mayo Clin Proc. July 2005:923-936 http://www.pediatriccareonline.org/pco/ub/view/Pediatric-Drug Lookup/153930/0/normal_laboratory_values_for_children

Arisman. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC. 2010.

Riskesdas. Laporan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013. Badan Penelitian dan

Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2013.

Notoatmodjo s. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2010.

WHO. Iron Deficiency Anemia. Assesment, Prevention and Control. Genewa. 2001.

Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta. 2009.

Agnes P. Hubungan Kadar Hemoglobin dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 1

Bentangan Wonosari Kabupaten Klaten. Jurnal Media Ilmu Kesehatan. Surakarta: Fakultas Ilmu

Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2014.

Gita A.N. Istiqomah dkk. Hubungan Antara Kadar Hemoglobin Dengan Prestasi Belajar

Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Stikes Widya Husada Semarang. 2012.

Notoatmodjo,S. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Rineka Cipta: Jakarta. 2007.

Supariasa, IDN, Bakri, B, & Fajar, I. Penilaian Status Gizi. EGC: Jakarta. 2001.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Kedokteran Biomedis

Thompson, J.L. Pengenalan Kepada Teori Pelatihan. (Terjemahan SDS). Jakarta: Program

Pendidikan dan Sistem Sertifikasi Pelatihan Atletik PASI. 1993.

Tu’u, Tulus. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi siswa. Jakarta: PT Grasindo. 2004. p.78

Sodiaoetama, AD. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi (jilid II). Jakarta: Dian rakyat. 2010

I Dewa Ayu, dkk. Jurnal. Hubungan Antara Kadar Hemoglobin Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar Di Kelurahan Maasing Kecamatan Tuminting Kota Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. 2013.

Saadah, N. dan Santosa. BJ. Jurnal. Hubungan Kadar Hemoglobin Dengan Prestasi Belajar Siswa

Kelas VII Di SMP Negeri 2 Magetan. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, ISSN: 2086-3098, Vol.I, No. 4, Oktober 2010, hlm. 306-310.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.