Mekanisme Pelayanan dan Penertiban Pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh

nasruddin nasruddin, Nur Anisah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Mekanisme Pelayanan dan Penertiban Pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelayanan dan penertiban pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. BPJS sebagai penyelenggara jaminan sosial berkewajiban memberikan sarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang bermutu. Sistem pelayanan rujukan berjenjang menjadi tantangan yang kerap dihadapi oleh pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit yang mengakibatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan kurang maksimal sehingga diperlukan penertiban pasien BPJS Kesehatan yang menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, yaitu percakapan langsung dan tatap muka (face to face). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelayanan pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh dapat dikatakan sudah cukup baik, terlihat dari proses pelayanan yang tidak berbelit-belit dan mudah dipahami oleh setiap pasien BPJS Kesehatan yang berkunjung ke rumah sakit. Mekanisme penertiban pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh pasien BPJS Kesehatan diharuskan melakukan dua kali pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan, yaitu pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan dan pendaftaran di loket umum rumah sakit. Dalam dua loket tersebut, pasien BPJS Kesehatan harus menunggu antrian yang membutuhkan waktu cukup lama, mengingat banyaknya pasien BPJS Kesehatan dan  terbatasnya waktu pelayanan pendaftaran yang hanya sampai jam 10.00 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh, maka pihak rumah sakit mengarahkan pasien ke pelayanan Unit Gawat Darurat dengan status pasien umum.

 

Kata Kunci: Pelayanan, Penertiban, Pasien BPJS

Mechanism of Service and Control of BPJS Patient at Meuraxa Regional Hospital of Banda Aceh

This research entitled “Mechanism of Service and Control of BPJS Patient at Meuraxa Regional Hospital of Banda Aceh”. Intention of research to be executed is to know how mechanism of service and publisher of patient BPJS at home public pain of Area of Meuraxa of Town of Banda Acheh. BPJS as organizer of social security is obliged to give the medium of health service to certifiable society. System of Service of reference have ladder to become the frequent challenge faced by patient of BPJS Health at home pain resulting quality of service of BPJS Health less be maximal is so that needed by publisher of patient of BPJS Health using health facility at home pain. This research use the method qualitative with the descriptive approach with the source of data of primary and data sekunder. Technique of data collecting by conducting interview, that is direct conversation and look in the face to face. Result of research indicate that the mechanism of service of patient of BPJS Health at home public pain of Area of Meuraxa of Town of Banda Acheh can be told by have good enough, seen from service process which not circumvent and easy to comprehended by each;every patient of BPJS Health paying a visit to hospital. mechanism of Publisher of patient of BPJS Health at home public pain of Area of Meuraxa of Town of Banda of Acheh of patient of BPJS Health obliged to conduct twice registration counter of verification of BPJS Health, that is registration counter of verification of BPJS of Health and registration public counter of hospital. In two the counter,patient of BPJS Health have to await the queue requiring time sufficiently long, considering to the number of patient of BPJS Health and the limited time of registration service which only until clock 10.00 WIB at home public pain of Area of Meuraxa of Town of Banda Acheh, hence side the hospital instruct the patient to service of intensive care unit with the public patient.

 

Keywords: Service, Control, Patient of BPJS


Keywords


Keyword: Pelayanan, Penertiban, Pasien BPJS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia