Peranan Public Relations PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh Memanfaatkan Media Sosial Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. The Role of Public Relations of PT. PLN (Persero) Region of Aceh Utilizing Social Media In Delivering Information To The Society

Khaira Putri, Rahmat Saleh

Abstract


ABSTRAK, Penelitian ini berjudul Peranan Public Relations PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh Memanfaatkan Media Sosial Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan Public Relations PT. PLN Wilayah Aceh dalam memanfaatkan media sosial. Teori yang digunakan dalam skripsi ini teori New Media. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposif, dimana peneliti menetapkan sejumlah kriteria untuk pemilihan subjek atau informan berdasarkan tujuan penelitian, yaitu informan seorang Public Relations PT. PLN Persero Wilayah Aceh dan Informan Pendukung yang peneliti pilih dari masyarakat. Hasil dari penelitian ini, Public Relations PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh sudah memanfaatkan media sosial Facebook dan Instagram sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, namun dalam peranan yang dilakukan oleh Public Relations PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh masih sedikit dampak berarti kepada masyarakat, karena setiap informasi yang disampaikan belum maksimal dalam menjangkau kebutuhan masyarakat mengenai keterbukaan informasi publik dalam permasalahan listrik.

Kata kunci : Peranan Public Relations, Media Sosial, Teori New Media

 The Role of Public Relations of PT. PLN (Persero) Region of Aceh Utilizing Social Media In Delivering Information To The Society

ABSTRACT, The title of this research is The Role of Public Relations of PT. PLN (Persero) Region of Aceh Utilizing Social Media In Delivering Information To The Society. The purpose of this research is to discover the role of Public Relations of PT. PLN Region of Aceh in utilizing social media. The theory used in this thesis is the New Media Theory. The approach methodology used is the descriptive qualitative method with data collection techniques through an interview, observation, and documentation. The selection of informants is using purposive techniques, where the researcher set a number of criteria for the selection of subjects or informants based on research objectives, specifically the informants of Public Relations officers of PT. PLN Persero Region of Aceh and supporting Informants who are selected by the researcher from the society. The result of this research, The Public Relations PT. PLN (Persero) Region of Aceh has been using the social media of Facebook and Instagram as a medium to deliver the information to the public but in a role of The Public Relations of PT. PLN (Persero) Region of Aceh not yet brought maximum impact to the community, because each information submitted has not been maximized in reaching the public needs of public information disclosure in electrical problems.

Keywords: Public Relations Role, Social Media, Theory New Media.

 


Keywords


Kata kunci : Peranan Public Relations, Media Sosial, Teori New Media. Keywords: Public Relations Role, Social Media, Theory New Media.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia