ETIKA KOMUNIKASI KARYAWAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PT.INDOSAT.TBK KOTA BANDA ACEH, EMPLOYEE COMMUNICATION ETHICS AND RELATIONSHIP WITH CUSTOMER LOYALITY PT.INDOSAT.TBK BANDA ACEH CITY

Nur Akmal, Rahmat Saleh

Abstract


ETIKA KOMUNIKASI KARYAWAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PT.INDOSAT.TBK KOTA BANDA ACE

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Etika Komunikasi Karyawan dan Hubungannya dengan Loyalitas Pelanggan Pt.Indosat.tbk kota Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan etika komunikasi yang diterapkan di PT. INDOSAT. TBK dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan menggunakan tipe penelitian ekplanatif, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik data primer dan data sekunder yaitu dengan menggunakan kuesioner. Sebanyak 50 Responden dipilih berdasarkan kriteria sampel dalam penelitian ini yaitu yang sudah memakai produk pascabayar selama 1 tahun. Hasil analisis Koefisien Korelasi Product Moment Pearson didapat nilai korelasi r = 0,686. Dan untuk hasil uji hipotesis diketahui nilai t hitung adalah sebesar 6, 528. Dan nilai t tabel pada α = 0,05 pada uji dua sisi diketahui sebesar 2,011, . Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika t hitung > t tabel maka Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Artinya Etika komunikasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan loyalitas pelanggan yang ada di Pt.Indosat.Tbk  dan ini mengindikasikan adanya suatu kondisi apabila etika komunikasi karyawan baik atau bagus maka loyalitas pelanggan akan meningkat atau mengalami kenaikan. Kepada setiap perusahaan diharapkan untuk membuat sebuah standar etika komunikasi yang jelas dan terarah dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan.

Kata Kunci: Etika, Komunikasi Karyawan, Loyalitas Pelanggan


EMPLOYEE COMMUNICATION ETHICS AND RELATIONSHIP WITH CUSTOMER LOYALITY PT.INDOSAT.TBK BANDA ACEH CITY

ABSTRACT

This study entitled Employee Communication Ethics and Its Relationship with Customer Loyalty Pt.Indosat.tbk city of Banda Aceh. The purpose of this study is to determine the relationship of communication ethics applied in PT. INDOSAT. TBK with customer loyalty. This research uses Quantitative research method using explanative type of research, Data collection technique using primary data and secondary data is by using questionnaire. A total of 50 respondents were selected based on sample criteria in this study that is already using postpaid products for 1 year. The result of correlation coefficient of Product Moment Pearson got correlation value r = 0,686. And for result of hypothesis test known t value count is equal to 6, 528. And t table value at α = 0,05 on two side test is known equal to 2,011. Based on hypothesis test criteria that if t arithmetic> t table then Ha accepted, so it can be stated hypothesis in this research accepted. This means that communication ethics has a positive and significant relationship with customer loyalty in Pt. Indosat.Tbk and this indicates the existence of a condition if the employee communication ethics good or good then customer loyalty will increase or increase. To each company is expected to establish a clear and focused communication ethics standards in providing services to customers.

 Keywords: Employee, Communication Ethics, Customer Loyalty

 



Keywords


Employee, Communication Ethics, Customer Loyalty, Etika, Komunikasi Karyawan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia