Pengaruh Promosi Official Account Alfamart Terhadap Keputusan Membeli Pada Pengguna Line Aktif (Suatu Penelitian Pada Masyarakat Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh

Siti Rahmadhani, Drs. Amsal Amri, M.Pd

Abstract


ABSTRAK, Penelitian ini berjudul “Pengaruh Official Account Alfamart Terhadap Keputusan Membeli Pada Pengguna Line Aktif (Suatu Penelitian Pada Masyarakat Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi Official Account Alfamart terhadap keputusan membeli pada pengguna Line aktif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh yang berjumlah 24581 jiwa, jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Slovin presisi 10% dari jumlah populasi, sehingga besar sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Hierarchy of Effect Model (Model Hirarki-Efek) yang merupakan salah satu teori pemasaran sosial yang digunakan untuk menunjukkan proses iklan berkerja hingga menimbulkan kesan dan membentuk keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis eksplanatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian, dan diolah secara statistik dengan menggunakan program SPSS versi 23, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear sederhana,  dan identifikasi determinan. Dari hasil perhitungan regresi linear diperoleh nilai b atau koefisien regresi 0,831 , angka ini menunjukkan pada taraf sangat tinggi, artinya jika masyarakat meningkatkan perhatiannya terhadap informasi dari official account alfamart sebesar satu satuan maka keputusan membeli pada masyarakat meningkat sebesar 83,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai  sebesar 9,440 dan nilai  sebesar 1,984 sehingga dengan tingkat signifikansi 5% maka  diterima. Jadi dapat simpulkan bahwa penggunaan official account alfamart berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan membeli pada masyarakat di kecamatan Luengbata Kota Banda Aceh.

Kata Kunci : Promosi, Official Account Alfamart, Komunikasi Pemasaran, Keputusan Membeli

The Influence Of Alfamart Official Account To The Decision Of Buying On Active Line Users ( A Research On Community Of Lueng Bata Distric Of Banda Aceh)

ABSTRAK, This research entitled “ The Influence Of Alfamart Official Account To The Decision Of Buying On Active Line Users ( A Research On Community Of Lueng Bata Distric Of Banda Aceh). This research aimed on finding the influence of alfamart official promoting account to the decision of buying on active line users. The population of this research was the community of lueng bata distric of banda aceh, which totaled 24581 people. The amount of the sample used in this research was determined by using slovin precision formula of 10% of the population. So the amount of sample used in this research was 100 respondents. The theory used in this research was Hierarchy of Effect Model which is one of the social marketing theories that used to show the process of advertisement works to create an impression and forms a buying decision. This research used explanative analysis of quantitative method. The primary data in this research is obtained through survey which used questionnaire as the research instrument. The data is processed statistically with SPSS programs version 23, which were validity and reliability test, normality test, simple linear regression test, tcounting, and determinant identification. From the counting result of linear regression, b value or regression coefficient 0,831 was obtained. This score showed the highest level of coefficient. It meant that the community increased their interest to the information from the official account of alfamart for one unit, then the decision of buying in the community has increased for 83,1%. Based on the result of this research, it was concluded that the result of hypothesis testing obtained the tcounting value for 9,440% and the ttable value for 1.984, so with the level of significance 5% then Ha is accepted. In conclusion, the use of official account of alfamart significantly and positively influenced the decision of buying in community of Lueng Bata distric of Banda Aceh.

Key words: Promotion , Alfamart Official Account, Marketing Communication, Buying Decision.



 


Keywords


Promosi, Official Account Alfamart, Komunikasi Pemasaran, Keputusan Membeli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia