STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA BANDA ACEH

Nof Miranda Wahyudi, Mahyuzar Mr

Abstract


ABSTRAK, Jaminan sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyrakat yang Indonesia saat ini. Penggunaan jaminan sosial bertujuan untuk memproteksi diri dari masalah ekonomi apabila terjadi sesuatu kepada penggunanya. Salah satu jaminan sosial yang sudah menjadi program Pemerintah Indonesia adalah Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan di Kota Banda Aceh. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, peneliti menganalisis hasil penelitian dengan bantuan teori AIDDA oleh Wilbur Schramm. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang berperan penting dalam mengatur strategi komunikasi dimasyarakat dan peserta BPU (Bukan Penerima Upah) program BPJS Ketenagakerjaan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Banda Aceh sudah efektif, dikarenakan telah memenuhi lima elemen dari teori AIDDA yaitu Attention (perhatian), Interest (ketertatikan), Desire (keinginan), Decision (keputusan), dan Action (tindakan). Dalam penerapan strategi komunikasinya, BPJS ketenagakerjaan melakukan sosialisasi untuk membentuk perhatian hingga melakukan tidakan penggunaan program nya oleh masyarakat. Yang dilihat dari penampilan, penyampaian pesan (cara berkomunikasi), alat-alat media pendukung dan lainnya. Sehingga menimbulkan kesan baik dimata peserta dan akhirnya tertarik mendaftar program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

 

Kata Kunci: Jaminan Sosial, BPJS Ketenakerjaan, Teori AIDDA


BPJS KETENGAKERJAAN COMMUNICATION STRATEGY IN INCREASING CONSUMENTS BPJS KETENAGAKERJAAN IN BANDA ACEH CITY


ABSTRACT, Social insurance has became one of the needs Indonesian society nowadays. The use of social insurance aims to protect from economic problems when something unwanted happens. One of the social insurance that has became the of Indonesia’s Government program is the Social Insurance Program BPJS Ketenagakerjaan. This research discusses about how communication strategy applied by BPJS Ketenagakerjaan in increasing number of service user of social insurance program BPJS Ketenagakerjaan in Banda Aceh City. Using a descriptive qualitative research approach, researcher analyzed the results with the help of AIDA theory. Subjects in this study are employees of BPJS Ketenagakerjaan have an important role in regulating communication strategies in the society and BPU (Non-Beneficiary Wages) participants of BPJS Ketenagakerjaan program. The theory result shows BPJS Ketenagakerjaan communication strategy that Attention is BPJS Ketenagakerjaan promoting and advertising through printed media, radio, and billboard. Interest is BPJS Ketenagakerjaan creating magnitism to participant through socialization with comprehensible language. Desire is BPJS Ketenagakerjaan making participant willing to join from little contribution with big benefit. Decision is BPJS Ketenagakerjaan striving by elaborate the benefits as form of insurance and protection in working in order to have decision to use the program. Action is helping participant in registration and corntibution payment every month. With this communication strategy making an understanding to participant and eventually be willing to register BPJS Ketenagakerjaan insurance  social program.

 

Key Words: Social Insurance, BPJS Ketenagakerjaan, AIDDA Theory







Keywords


Keyword;Kata Kunci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia