Warung Kopi dan Perilaku Sosial Masyarakat (Studi Pengaruh Warung Kopi Terhadap Perkembangan Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat di Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam)

sally nindi sari, Firdaus Firdaus

Abstract


ABSTRAK

Warung Kopi merupakan tempat yang menyediakan kopi dan berbagai jenis minuman lainnya selain itu juga menyediakan berbagai jenis makanan ringan sebagai minum kopi. Selain itu Warung kopi juga merupakan tempat dimana berkumpulnya orang-orang untuk sekedar bersantai atau pun melakukan aktivitas obrolan ringan. Tujuan dari penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh warung kopi terhadap perkembangan perilaku dan interaksi sosial masyarakat yang berkunjung ke warung kopi. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber sebagai alat untuk menganalisis warung kopi dan perilaku sosial masyarakat. Penelitian ini akan dilakukan di Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam, karena di dalam Gampong tersebut memiliki beragam warung kopi dan menjadi tempat terbentuknya warung kopi modern. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni 5 orang pengunjung warung kopi, 1 orang pemilik warung kopi, 1 orang pelayan warung kopi, dan geuchik di Gampong Kota Baru. Sumber data yang didapat dalam penelitian ini yakni: data primer dan data sekunder.  Penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah data yang terkumpul di lapangan seperti data yang didapat dari hasil wawancara dan observasi. Data yang diperoleh melalui wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Perkembangan perilaku masyarakat di Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam terlihat dari hasil penelitian perilaku yang dilakukan di warung kopi menunjukkan bahwa pengunjung telah menjadikan warung kopi sebagai tempat media akses Wifi, tempat berinteraksi antar individu, serta alternatif lain sebagai tempat hiburan masyarakat Tindakan perilaku ini termasuk dalam teori Max Weber yakni tindakan afektif. Perilaku kelalaian saat main game, browsing, atau bercengkraman dengan jejaring sosial seperti instagram, facebook, twitter, youtube, dan skypee serta menghabiskan waktu tanpa tujuan yang jelas (seperti pecandu gosip atau pecandu malas) pengaruh ini termasuk dalam teori Weber yakni tindakan sosial berorietasi nilai.

 

Kata kunci : Warung Kopi, Perilaku Pengunjung, Interaksi Sosial


Coffee Bean and Community Behavior (Study of the Influence of Coffee Shop Toward the Development of Social Behavior and Social Interaction in Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam)


ABSTRACT

Coffee Shop is a place that provides coffee and various other beverages but it also provides various types of snacks as a cup of coffee. In addition, the Coffee Shop is also a place where the gathering of people to just relax or do a little chat activities. The purpose of this research research is to know and explain the influence of coffee shop to behavioral development and social interaction of people who visit to coffee shop. This study uses Max Weber's social action theory as a tool for analyzing coffee shops and social behavior of the community. This research will be conducted at Gampong Kota Baru Kecamatan Kuta Alam, because in Gampong have various coffee shop and become place of modern coffee shop. The research method that will be used in this research is descriptive research method with qualitative approach. Subjects in this study were 5 people coffee shop, 1 coffee shop owner, 1 coffee shop waiter, and geuchik in Gampong Kota Baru. Sources of data obtained in this study namely: primary data and secondary data. This research is done by processing the data collected in the field such as data obtained from interviews and observation. Data obtained through interviews then analyzed by using descriptive method analysis with qualitative approach. Data collection through observation, interviews, documentation, and conclusions. The results showed the development of community behavior in Gampong Kota Baru Kuta Alam District seen from the results of behavioral research conducted in the coffee shop showed that visitors have made a coffee shop as a place of media access Wifi, where interaction between individuals, as well as other alternatives as a place of entertainment community Actions of behavior this is included in Max Weber's theory of affective action. The behavior of negligence while playing games, browsing, or gripping with social networks such as instagram, facebook, twitter, youtube, and skypee and spending time without a clear purpose (such as gossip addicts or lazy addicts) this influence is included in Weber's theory of social action berorietasi value .

 

Keywords: Coffee Shop, Visitor Behavior, Social Interaction 


Keywords


Warung Kopi, Perilaku Pengunjung, Interaksi Sosial

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia