Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak (Suatu Studi di SMPN 1 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan)

MARWATI MARWATI, ZAKARIA A JALIL

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar anak di SMP Negeri 1 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Talcot Parson untuk menjelaskan masalah penelitian. Untuk mencapai penelitian, jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi untuk menjelaskan masalah dalam penelitian, yang mejadi populasi penelitian seluruh siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Samadua yang berjumlah 50 0rang. Adapun Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 samadua. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis korelasi pada tabulasi data responden yakni 50 siswa-siswi menunjukkan nilai nonsignifikansi (p) = 0,391 (p > 0,05),  dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,124. Besaran nilai tersebut menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar anak sehingga menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak dan penelitian ini bernilai negatif, sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan  status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar anak.

 

 

Kata kunci: status sosial ekonomi, orang tua, prestasi belajar anak

 

The Relationship Of The Socioeconomic Status Of Parents With The Learning Achievement Of Children (A Study At SMP Negeri 1 Sama Dua, South Aceh District)

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship of socioeconomic status of parents with learning achievement of children in SMP Negeri 1 Samadua, South Aceh district of the academic year 2016/2017.This study uses Talcot Parson's functional structural  theory to explain the research problem. To achieve the research, this type of research uses the method of titular approach with correlation research type to explain the problem in research, which became the research population of all students of class VIII SMP Negeri 1 Samadua which amounted to 50 people. The sample of this research is the students of class VIII SMP Negeri 1 samadua. Technique of collecting data using questionnaire method. Data analysis technique using product moment pearson hypothesis test. The results showed that the results of the correlation hypothesis test on the data tabulation of respondents is 50 students showed the value of nonsignifikansi (p) = 0,391 (p> 0,05), with correlation coefficient (r) = 0,124.The amount of value indicates that there is no correlation between the variables of socioeconomic status of the parents with the children's learning achievement so that Ho is accepted and Ha is rejected and the research is negative, so it can be said that there is no correlation between the socioeconomic status of the parents with the learning achievement of the child.

 

Keywords: socioeconomic status, parents, learning achievement of children


Keywords


STATUS SOSIAL EKONOMI, ORANG TUA, PRESTASI BELAJAR

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia