Persepsi Pemerintah Kota Banda Aceh Terhadap Peran Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh (Kajian Terhadap Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan DInas Kesehatan Kota Banda Aceh)

Vina Andia Ratna, Taqwaddin Husin

Abstract


Persepsi Pemerintah Kota Banda Aceh Terhadap Peran Pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Aceh

(Kajian Terhadap Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh)

 

ABSTRAK

Ombudsman merupakan lembaga negara yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Kehadiran Ombudsman di Aceh sangat dibutuhkan. Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai salah satu pemerintah kota yang wajib memberikan pelayanan publik yang maksimal kepada masyarakat. Namun, kondisi pelayanan publik Kota Banda Aceh masih mengecewakan. Kota Banda Aceh menjadi daerah yang terbanyak laporan atas kasus maladministrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Pemerintah Kota Banda Aceh terhadap peran pengawasan Ombudsman Perwakilan Aceh dan pengaruh dari pengawasan Ombudsman Perwakilan Aceh terhadap kinerja Pemerintah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara dengan informan, sedangkan data kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku, skripsi, jurnal dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan peneltian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengawasan Ombudsman menjadi aspek penting untuk menjaga fungsi pemerintahan berjalan dengan semestinya. Pengawasan dari Ombudsman membawa pengaruh yang besar dalam pemerintahan. Namun, dalam melakukan perubahan sebagaimana yang disarankan oleh Ombudsman masih belum dilakukan dengan maksimal, dibuktikan dengan banyaknya kasus yang dilaporkan ke lembaga Ombudsman. Diharapkan Pemerintah Kota Banda Aceh dapat bekerja lebih keras dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga masyarakat puas dalam menerima pelayanan.

Kata Kunci : Persepsi, Ombudsman

 

Perceptions of Banda Aceh Government Towards The Supervisory Role of Regional Ombudsman In Aceh

(A Study to Department of Youth, Education and Sport and Health Department)

 

 

ABSTRACT 

Ombudsman is state agency formed to supervise government offices in providing public services. The existence of Ombudsman in Aceh is very important. The government of Banda Aceh as a city government has a responsibility to provide decent public services for its society. However, it is evident that the public services in Banda Aceh are disappointing. Banda Aceh has become as a city receiving most of the complaints due to its maladministration. This study was intended to know perceptions of Banda Aceh government towards the role of Aceh regional Ombudsman and the impacts of Ombudsman's supervising on Banda Aceh goernment’s performance. This was a qualitative study. The data in this study were obtained from field and literature study. The field study was done by conducting an interview to the informants, while literature study was done by reading some books, scripts, journals, laws which were relevant to this study. The results showed that the Ombudsman’s supervision was significant to manage administrative function. However, Banda Aceh government did not completely follow all suggestions provided by the Ombudsman. It is expected that Banda Aceh Government works harder and improve their public services in order to ensure public satisfaction over the governance performance. 

 

Keywords    : Perception, Ombudsman

 


Keywords


Persepsi, Ombudsman; Perception, Ombudsman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia