PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, PENGENDALIAN INTERNAL DAN EFEKTIVITAS PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI PADA SATUAN PERANGKAT KERJA KOTA BANDA ACEH)

Rizki Mardiana, Heru Fahlevi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi, pengendalian internal dan efektivitas penerapan SAP berbasis akrual terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di wilayah Kota Banda Aceh, baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah Satuan Kerja Perangkat Kota Banda Aceh. Total populasi sebanyak 38 Satuan Perangkat Kerja Perangkat Kota (76 pengamatan). Pemilihan populasi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sensus. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah model analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan  pemahaman akuntansi, pengendalian internal dan efektivitas penerapan SAP berbasis akrual secara bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Banda. Pemahaman akuntansi, pengendalian internal dan efektivitas penerapan SAP berbasis akrual berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Aceh.

 

Keywords: Pemahaman Akuntansi, Pengendalian Internal, Akuntansi Berbasis Akrual dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Banda Aceh.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi

Published by:

Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Syiah Kuala
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
E-ISSN: 2581-1002

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi oleh Jurusan Akuntansi  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jim.unsyiah.ac.id/eka