Profile Image

Dr. Mulia Saputra, SE., M.Si., Ak., CA

Dr. Mulia Saputra, SE., M.Si., Ak., CA Mail
Accounting Department Economics and Business Faculty Syiah Kuala University, Indonesia

 

 

 

Saya adalah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, Indonesia. Saya menyelesaikan Sarjana di fakultas Ekonomi Unsyiah jurusan Akuntansi Unsyiah tahun 1999. Saya juga menyelesaikan Sarjana di Fakultas Pertanian Unsyiah Jurusan Agribisnis tahun 1997. Kemudian saya melanjutkan megister jurusan Akuntansi universitas padjadjaran Bandung dan selesai tahun 2002. Kemudian saya melanjutkan S3 saya di Universiti Sains Malaysia dan selesai tahun 2014. KOnsentrasi saya pada akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Saya adalah anggota dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Salah satu hal yang poko dalam hal penelitian adalah penulisan jurnal. Saya sebagai pendidik telah menghasilkan beberapa karya ilmiah baik itu di terbitkan dalam jurnal maupun dalam proceding baik dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2010 Saya menulis artikel dengan judul "Pengaruh corporate governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI, Jakarta" dan diterbitkan pada Journal of Indonesian Applied Economics Malang, Indonesia

Saya juga mengikuti confrence yang berada di luar negeri, dengan harapan paper yang telah saya buat bisa mendapatkan ilmu yang berguna bagi saya dan juga bagi penelitian setelahnya. Adapun beberapa confrence yang pernah saya ikuti adalah paper dengan judul "Pengaruh inflasi, suku bunga dan kurs rupiah terhadap harga saham di Bursa efek Indonesia" Confrence tersebut saya ikuti di Universiti Sains Malaysia tahun 2010. Kemudian saya juga mengikuti confrence tahun Oktober 2011 dengan judul paper adalah " Pengaruh tadbir urus korporat terhadap nilai firma di Jakarta Islamic Index" di Universiti Saind Malaysia. Selanjutnya saya juga mengikuti confrence lainnya ditahun yang sama adalah paper dengan judul " Pengurusan Perolehan: Satu Sorotan" dan juga paper dengan judul " Tadbir urus korporat, pengurusan pendapatan dan nilai firma pada syarikat yang tersenarai di Jakarta Islamic Index", keduanya di Universiti Sains Malaysia.

Banyak masukan yang saya dapatkan dalam presentasi paper saya, baik masukan dari mahasiswa atau dosen yang berasal dari Indonesia maupun masukan dari mahasiswa atau dosen dari luar negeri. Dan setiap masukan yang saya dapatkan, saya terima dan saya perbaiki untuk dapat diterbitkan di jurnal Internasional. Semua bahan confrence yang saya ikuti masuk kedalam Proceding confrence dan bisa dibaca oleh peserta confrence baik dari dalam maupun dari luar negeri. Hasil dari penelitian yang saya lakukan diharapkan akan berguna bagi perusahaan yang saya teliti untuk dijadikan bahan dalam pemecahan permasalah yang terjadi, dan juga membantu mahasiswa didalam melakukan penelitian lanjutan yang berkaitan dengan bidang akuntansi.

Karya ilmiah yang saya buat tersebut berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini dan saya coba uraikan dalam teori yang berlaku sehingga hasil yang didapat merupakan hasil yang terbaru yang diharapkan bisa membantu organisasi yang saya teliti untuk menyelesaikan fenomena yang terjadi. Makna penting disini adalah dengan adanya penelitian ini perusahaan yang saya teliti bisa merubah keadaan dari keadaan yang sebelumnya menjadi lebih baik. Hal ini karena dalam penelitian saya, saya coba menguraikan penyebab daripada permasalahan dan bagaimana pemecahan permasalahan sesuai dengan teori dan prakteknya. Terkadang banyak perusahaan yang masih menggunakan metode lama didalam menjalankan perusahaannya tanpa menupdate hal yang baru, sehingga permasalahan baru yang terjadi tidak berhasil diselesaikan dengan metode yang lama. Sehingga saya mencoba mencari solusi pemecahan masalah tersebut.

Hal lain yang saya lakukan adalah kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) . (PKM) adalah salah satu unsur dari tridarma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat yang saya lakukan adalah ketika saya sedang melanjutkan pendidikan S3 di Malaysia. Saya berperan aktif dalam kegiatan organisasi persatuan pelajar Indonesia (PPI). Dalam organisasi tersebut, saya melakukan berbagai program pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada pelajar dan Masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia. Kegiatan tersebut antara lain adalah dengan menjadi mentor dalam pengaplikasian pengolahan data statistik penelitian ilmiah dengan menggunakan SPSS tahun 2010 kepada pelajar Indonesia dan Malaysia di Universiti Sains Malaysia. Selanjutnya pada tahun 2010 sampai 2012, saya juga melakukan pengabdian dengan melakukan pengajaran tutor mengenai research method kualitatif dan kuantitatif penelitian karya ilmiah kepada pelajar Indonesia dan Malaysia di Universiti Sains Malaysia. Selain itu melalui kegiatan di PPI tersebut, saya melakukan penjualan barang-barang murah kepada pelajar Indonesia dan dana keuntungan digunakan untuk keperluan pelajar Indonesia yang membutuhkan.

Pada awal tahun 2015 saya dipercaya untuk menjadi bagian dari badan penjaminan mutu BJM) di Unsyiah. Pada badan penjaminan mutu tersebut sering melakukan berbagai kegiatan pelatihan kepada masyarakat khususnya tenaga pendidik dan dosen yang berhubungan dengan kegiatan penjaminan mutu fakultas dan universitas di Aceh. Kegiatan yang telah dilakukan adalah memilih dosen teladan unsyiah. Dalam kegiatan tersebut dosen teladan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Selanjutnya kegiatan lainnya yang akan dilakukan pada bulan Agustus 2015 adalah pelatihan audit penjaminan mutu. Pesertanya adalah dosen perwakilan dari setiap fakultas. Tujuan pelatihan ini adalah, akan menjadi tenaga audit intern di tingkat unsyiah. Selanjutnya pada tahun 2015, saya dalam proses melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membantu usaha kecil dan menengah dalam hal pencatatan akuntansi bagi peternak ayam broiler di Aceh Besar. Dalam kegiatan ini, saya bekerja sama dengan beberapa usaha kecil lainnya yaitu UKM  pemaran ayam broiler dan juga UKM peternak ayam Broiler untuk bersama-sama mencari solusi untuk meningkatkan keuntungan. Saya mencoba untuk melengkapi laporan keuangan mereka dan juga menjadi penyuluh tentang laporan keuangan yang dibantu oleh penyuluh lainnya yang berhubungan dengan kegiatan beternak ayam. Tujuan nya agar peternak dapat menghasilkan keuntungan yang sesuai harapan mereka.

FSD Unsyiah